Find Us On Social Media :

Saingi Google Lens, Apple Hadirkan Visual Intelligence di iPhone 16

By Adam Rizal, Sabtu, 14 September 2024 | 09:30 WIB

iPhone 16

Apple memperkenalkan fitur Visual Intelligence sebagai jawaban terhadap Google Lens. Fitur Visual Intelligence itu memungkinkan pengguna mengenali objek dan mendapatkan informasi kontekstual, mirip dengan yang dilakukan oleh Google Lens untuk pengguna Android.

Anda dapat mengaktifkan Visual Intelligence  melalui tombol Camera Control di sisi kanan perangkat. Dengan satu klik, pengguna dapat mengidentifikasi objek, seperti restoran, yang akan menampilkan informasi seperti menu, jam buka, atau ulasan, atau mengarahkan kamera ke selebaran untuk menambahkannya langsung ke kalender.

Apple menekankan fitur itu fokus pada privasi, di mana pemrosesan data dilakukan langsung di perangkat, sehingga Apple tidak mengakses informasi yang diidentifikasi pengguna. Hal itu berbeda dari Google Lens yang menggunakan data dari mesin pencari Google, termasuk riwayat pencarian yang dapat digunakan untuk iklan.

Selain itu, Visual Intelligence memungkinkan integrasi dengan alat pihak ketiga seperti Google untuk pencarian produk atau ChatGPT untuk pemecahan masalah, dengan kontrol penuh di tangan pengguna mengenai akses dan data yang dibagikan.

Namun, fitur ini hanya tersedia pada iPhone 16 dan iPhone 16 Pro, sehingga cakupannya lebih terbatas dibandingkan dengan Google Lens. Meski memberikan privasi yang lebih baik, Visual Intelligence mungkin tidak memiliki sebanyak fungsi seperti penerjemahan teks real-time yang dimiliki Google Lens. Apple berharap Visual Intelligence akan memberikan pengalaman yang lebih aman dan cerdas bagi pengguna iPhone, mencerminkan komitmen Apple untuk terus berinovasi dan menambah nilai pada ekosistem perangkatnya.

Fitur AI

Apple Intelligence (AI)

Apple menghadirkan fitur Apple Intelligence yang berbasis artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke dalam flagship iPhone 16 Series. Teknologi AI itu akan dirilis bersamaan dengan pembaruan sistem operasi iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1 pada bulan depan.

Pada tahap awal, Apple akan menghadirkan fitur Apple Intelligence dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat, dan akan diperluas ke beberapa negara lain, seperti Australia, Kanada, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Britania Raya pada bulan Desember. Pada tahun depan, fitur ini juga akan mendukung bahasa Mandarin, Prancis, Jepang, dan Spanyol.

Fitur Apple Intelligence (AI) memanfaatkan chip Apple untuk memahami bahasa, menciptakan gambar, melakukan berbagai tindakan dalam aplikasi, serta menyederhanakan tugas sehari-hari dengan mempertimbangkan konteks pengguna. Fitur AI itu juga dirancang dengan tingkat keamanan dan privasi yang tinggi.

Beberapa kemampuan utama Apple Intelligence antara lain:

Baca Juga: iPhone 16 Tetap Pakai USB 2.0 yang Kecepatan Transfer Datanya Lemot