Find Us On Social Media :

Review Huawei MateBook 14 2024: Rasa Flagship Harga Terjangkau

By Dayu Akbar, Senin, 16 September 2024 | 08:00 WIB

Huawei MateBook 14 2024

Di tahun 2024 ini, Huawei kembali menghadirkan laptop seri MateBook dengan spesifikasi yang lebih baru. Penggunaan prosesor yang lebih baru memang jadi hal utama yang hendak diunggulkan laptop ini. Ini terlihat dari tampilan laptop yang masih sama dengan generasi sebelumnya.

Namun justru ini pula yang jadi ciri khasnya, tampil minimalis namun tetap terlihat elegan. Bahkan desain dan tampilan minimalisnya kerap dibandingkan dengan tampilan MacBook milik Apple. Bodinya menggunakan bahan aluminium yang kuat serta bobot yang ringan. Dengan berat hanya sekitar 1,3 kg, laptop ini juga punya ketebalan yang hanya 1,45 cm saja.

Laptop ini menggunakan layar berukuran 14,2 inci dengan panel OLED layar sentuh. Resolusi yang dimilikinya 2,8K atau 2.880 x 1.920 pixels serta refresh rate hingga 120Hz. Dengan rasio 3:2, laptop ini jadi lebih nyaman untuk kebutuhan seperti membaca dokumen atau browsing di internet. Bezel tiap sisi terbilang tipis sehingga terlihat lebih kekinian dan memikat dengan screen-to-body ratio sebesar 91%.

Dengan form factor clamshell, bodinya menggunakan material alumunium yang kuat dan asiknya tidak meninggalkan bercak sidik jari atau tangan saat dipegang.

Sisi atas bezel sedikit lebih tebal karena terdapat webcam dengan resolusi 1080p. Webcam ini memiliki fitur-fitur menarik yang bisa diakses melalui Huawei Control Panel seperti virtual background, beauty, auto-centering, dan eye contact. Untuk mikcrofonya ditempatkan masing-masing di sebelah webcam.

Bagian keyboard juga tidak banyak berubah dibanding generasi MateBook sebelumnya. Bagian tombolnya berwarna hitam dengan font putih dan backlit berwarna putih yang memiliki tiga tingkat kecerahan. Tampilannya minimalis dengan jarak antar tombol yang renggang tanpa ada area numkey. Tombolnya memiliki travel key rendah sehingga nyaman saat ditekan.

Desainnya modern minimalis dengan ketebalan sekitar 1,45 cm dan bobot yang ringan hanya 1,3 kg saja sehingga tidak merepotkan saat dibawa-bawa dan digunakan dimana saja.

Untuk tombol Power letaknya terpisah dengan posisi di sisi kanan atas berbentuk bulat. Yang menarik, tombol Power ini juga memiliki fungsi sebagai sensor fingerprint. Dengan bentuk yang cukup lebar, sensornya responsif dan bisa membuka akes ke Windows dengan cepat. Sementara touchpad-nya polos dengan landasan licin kesat. Dan seperti touchpad laptop-laptop saat ini, sudah mendukung windows precision driver yang bisa menjalankan fungsi multi gesture sampai 4 jari.

Keyboard-nya menggunakan desain full-size yang memiliki backlight warna putih dengan tiga tingkat kecerahan.

Meski konektivitas yang disediakan sudah cukup menunjang aktivitas keseharian, namun di satu sisi kami meraka ada yang kurang dalam hal jumlahnya. Hal ini terdapat pada hanya disediakannya satu port USB type-C yang ternyata juga berfungsi sebagai konektor untuk mengisi baterai. Jadi saat sedang mengisi baterai, Anda tidak bisa memanfaatkan port ini untuk kebutuhan lain, misalnya transfer data atau koneksi ke layar berkat dukung DisplayPort.

Di sisi kiri, selain USB type-C juga terdapat satu port USB 3.2 Gen 1 type-A, HDMI, dan audio combo. Pada sisi kanan hanya terdapat satu USB 3.2 Gen 1 type-A saja. Sisi atasnya terdapat webcam dengan resolusi 1080p dan dua mikforon yang posisinya bersebelahan. Webcam ini menyediakan fitur menarik yang bisa digunakan melalui aplikasi Huawei PC Manager. Dari sini Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Virtual Background dengan banyak pilihan latar, Beauty, Eye Contact, dan FollowCam agar posisi selalu berada di tengah. Dan untuk koneksi nirkabelnya mendukung WiFi 6 dan bluetooth 5.1.

USB type-C hanya tersedia satu port saja, itupun fungsinya berbarengan dengan koneksi ke adaptor untuk mengisi baterai.