Find Us On Social Media :

Review Lenovo Legion 5i: Intel® Core™ Gen-14 dan RTX 4000 Series

By Dayu Akbar, Senin, 23 September 2024 | 15:00 WIB

Lenovo Legion 5i

Seri Lenovo Legion 5i merupakan salah satu varian laptop gaming Lenovo yang memiliki banyak varian dan kerap hadir dengan spesifikasi yang lebih baru. Seri terbarunya sudah dipersenjatai dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-14 dan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4000 series.

Khusus untuk pasar Indonesia, laptop gaming ini hadir dalam seri Lenovo Legion 5i yang dipersenjatai dengan pilihan prosesor Intel® Core™ i7-14650HX dan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 6 GB GDDR6. Sementara untuk media simpannya dilengkapi SSD NVMe M.2 terbaru dengan kapasitas 512 GB.

Desain dan Fitur

Desain serta fitur dari Legion 5i ini bisa dibilang mirip yang mengedepannya desain minimalis namun tangguh. Bodinya didominasi warna abu-abu dan makin terkesan tangguh dan kokoh berkat frame dari metal alumunium alloy. Dimensi bodinya ringkas meski nyatanya punya bobot yang cukup berat layaknya laptop gaming kebanyakan. Bobotnya mencapai 2,36 kg dengan ketebalan 2,52 cm.

Laptop ini memiliki ciri khas pada bodi bagian bawahnya yang memiliki ukuran lebih panjang dengan penempatan posisi engsel agak ke depan.

Engsel bagian layarnya dibuat kokoh sehingga layar bisa dibuka hanya dengan satu tangan saja. Posisinya pun bisa dibuka hingga 180 derajat. Sementara bagian cover-nya menggunakan lapisan alumunium alloy yang kuat. Ciri khas lain dari desain Legion adalah bodi sisi belakang yang menonjol dimana engsel layar ditempatkan agak ke depan.

Di bagian bodi belakang ini terdapat exhaust atau pembuangan udara panas berukuran besar. Lenovo memang hanya menyediakan satu lubang exhaust dan meniadakan exhaust lain yang biasanya juga diletakan di sisi kiri atau kanan. Lenovo mengambil langkah signifikan dengan menghilangkan ventilasi udara samping dan menerapkan dua saluran udara internal yang mengarahkan aliran udara ke area sistem inti.

Ciri khas desain seri Legion adalah bodi sisi belakang yang menonjol dimana engsel layar ditempatkan agak ke depan.

Selain itu, di sisi ini juga terdapat pula port HDMI 2.1 serta port adaptor. Sedangkan sisi kiri terdapat dua USB 3.2 Gen 2 type-C, satu port USB 3.2 Gen 1 type-A, dan jack audio. Untuk sisi kanannya terdapat dua USB 3.2 Gen 1 type-A, micro SD card reader, ethernet, serta switch yang berguna untuk melindungi webcam saat sedang tidak digunakan.

Layar

Laptop ini memiliki layar dengan ukuran 16 inci. Panel yang digunakannya IPS serta resolusi WQHD atau 2560x1600 pixels. Sementara refresh rate-nya 165 Hz yang sudah menjadi standar laptop gaming kelas menengah. Refresh rate tinggi membuat tampilan game dengan pergerakan cepat makin nyaman, misalkan saja game berjenis FPS (first person shooter). Layarnya juga memiliki color gamut sRGB 100% yang artinya memiliki akurasi warna cukup baik. Desain layarnya memiliki tampilan kekinian karena ukuran bezel yang cukup tipis sehingga layar terasa lebih lega.

Engselnya kuat sehingga layar bisa dibuka cukup dengan satu tangan dan bisa dbuka hingga posisi mencapai kemiringan 180 derajat.