Find Us On Social Media :

Review Acer Aspire 14 AI: Performa Tangguh serta Dukungan Fitur AI

By Dayu Akbar, Kamis, 26 September 2024 | 07:00 WIB

Acer Aspire 14 AI

Bagi Anda yang ingin mencari laptop untuk berbagai kebutuhan seperti produktivitas ataupun pendidikan, Acer menawarkan beberapa laptop generasi terbaru yang cukup memikat. Salah satu yang cukup menarik adalah Acer Aspire 14 AI (A14-51GM).

Seri Aspire sendiri merupakan lini laptop Acer yang ditujukan bagi penggunaan sehari-hari untuk produktivitas maupun kreativitas kerja. Sedangkan angka 14 merupakan ukuran layar dan tambahan nama AI menegaskan dukungan teknologi tersebut.

Bodi laptop ini menggunakan material aluminium pada bagian covernya. Tampilan polos pada bagian covernya mengedepankan konsep minimalis yang disesuaikan dengan segmen dan penggunaannya. Dengan warna Steel Gray, laptop ini terlihat elegan sehingga cukup bikin pede saat mengerjakan aktivitas di luar seperti di café atau tempat nongkrong lainnya. Penggunaan material ini membuatnya memiliki durabilitas lebih baik untuk laptop sekelasnya.

Bagian luarnya polos dengan hanya menempatkan logo Acer berukuran kecil di satu sisi dengan material yang terasa solid berbahan aluminium dan tidak gampang kotor.

Dimensinya cukup ringkas juga ditandai dengan ukuran layar 14 inci. Panel yang digunakan yaitu IPS dengan resolusi full HD+ atau 1.920 x 1.200 pixels tanpa teknologi layar sentuh. Engsel layarnya kuat sehingga layar bisa dibuka hanya dengan satu tangan hingga kemiringan sekitar 130 derajat. Acer juga sudah menyematkan teknologi Acer ComfyView TM yang dapat membuat nyaman mata dalam menatap layar dengan mengatur intensitas cahaya yang diterima dan dipantulkan sesuai kondisi ruangan.

Konektivitas yang tersedia sudah mumpuni untuk kebutuhan komputasi saat ini. Diantaranya terdapat satu port USB type-A dan jack audio di sisi kanan dan sisi kiri masing-masing terdapat satu port USB type-A, USB type-C, dan HDMI. Khusus port USB type-C sudah Thunderbolt 4 yang menghadirkan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi. Dengan bandwidth 40 Gbps, koneksi ini mampu memindahkan data antara penyimpanan internal dan eksternal dengan lebih cepat, termasuk koneksi hingga ke dua monitor eksternal dengan resolusi masing-masing 4K.

Konektivitasnya lengkap sebagai penunjang aktivitas komputasi modern, termasuk Thunderbolt 4 yang menawarkan transfer data secepat kilat.

Acer Aspire 14 AI (A14-51GM) dilengkapi AcerSense™, aplikasi utilitas untuk membantu mengatur performa sistem. Hanya dengan satu tombol AcerSense™ di keyboard, Anda dapat mengubah mode performa, mengecek status baterai, mengakses AI Zone, mengoptimalkan storage, hingga melihat semua aplikasi yang berjalan dan terinstal.

Sementara Acer PurifiedView™ akan menghadirkan suara dan gambar yang jernih melalui dukungan kamera FHD 1080p. Teknologi ini dilengkapi AI Noise Cancellation yang dapat meredam suara bising dari sekitar, dan kompatibel dengan headphone maupun mikrofon eksternal. 

Untuk buangan udara panas, Acer menempatkan lubang exhaust di dekat engsel dan layar.

Acer PurifiedView™ memiliki sederet fitur penting antara lain Automatic Framing yang dapat memposisikan pengguna di tengah frame secara otomatis, Eye Contact agar mata Anda selalu menatap ke arah kamera, serta Background Blur untuk memberikan privasi lebih dengan cara memburamkan latar.

Bagi yang sudah akrab dengan laptop keluaran Acer seri Aspire, Anda akan mendapati tampilan keyboard yang khas.  Keyboardnya berjenis chiclet yang punya dua tingkat kecerahan dengan menekan tombol F11. Penempatan tombol keyboard cukup renggang dengan travel key rendah sehingga cukup nyaman saat digunakan mengetik. Secara desain tidak ada yang istimewa dan terbilang standar.