Find Us On Social Media :

Apple Batal Gabung dalam Putaran Pendanaan Terbaru OpenAI

By Rafki Fachrizal, Senin, 30 September 2024 | 12:30 WIB

Ilustrasi Apple.

Apple telah meninggalkan negosiasi untuk berpartisipasi dalam putaran pendanaan terbaru OpenAI yang diharapkan dapat mengumpulkan dana sekitar $6,5 miliar.

Menurut laporan Wall Street Journal pada hari Jumat (27/09/2024), raksasa teknologi tersebut memutuskan untuk keluar dari pembicaraan untuk putaran pendanaan tersebut, yang rencananya akan ditutup minggu depan.

Perusahaan-perusahaan lain, seperti Microsoft dan Nvidia, juga telah melakukan pembicaraan untuk berpartisipasi dalam pendanaan OpenAI, kata laporan itu.

Microsoft sendiri diperkirakan akan menginvestasikan sekitar $1 miliar setelah sebelumnya telah menggelontorkan $13 miliar ke dalam perusahaan tersebut.

Bulan lalu, Wall Street Journal pertama kali melaporkan bahwa Apple sedang dalam pembicaraan terkait minatnya untuk mendanai OpenAI, sebagai bagian dari upaya penggalangan dana baru OpenAI yang bertujuan mencapai valuasi lebih dari $100 miliar.

Valuasi tinggi OpenAI awalnya dipicu dengan peluncuran ChatGPT pada akhir 2022. Seperti diketahui, ChatGPT kini semakin banyak digunakan orang-orang untuk mempermudah aktivitasnya.

Kemunculan ChatGPT juga memacu perusahaan teknologi lainnya untuk menginvestasikan miliaran dolar dalam teknologi AI guna mempertahankan posisi mereka di pasar dan meraih pangsa pasar yang lebih besar.

Baca Juga: Ada Perbedaan Visi-Misi, OpenAI Ditinggal Tiga Petinggi Pentingnya

Baca Juga: Apa itu Apple Intelligence dan mengapa belum ada di iPhone 16?