Tren belanja online fesyen, termasuk batik, di Tokopedia dan ShopTokopedia mengalami peningkatan.
Menurut kedua platform tersebut, hal itu dipengaruhi berbagai inisiatif yang telah dihadirkan seperti Melokal Dengan Batik, Tokopedia Fashion, Selasa Bergaya, Beli Lokal, dan Pasar Berdaya Digital.
Misalnya, berkat Melokal Dengan Batik di Tokopedia, ada beberapa produk batik dengan kenaikan tertinggi nilai transaksi, antara lain: jaket, syal, blouse, dengan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat.
Selain itu, sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi nilai transaksi produk batik di Tokopedia, antara lain: Halmahera Tengah, Seluma, dan Rokan Hilir, dengan rata-rata lebih dari 17 kali lipat.
Sedangkan dengan adanya Melokal Dengan Batik di ShopTokopedia, terdapat beberapa produk batik dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: kain, kemeja, dan sarung, dengan rata-rata lebih dari 3 kali lipat.
Selain itu, sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk batik di ShopTokopedia, antara lain: Jabodetabek, Pekalongan, dan Solo, dengan rata-rata hampir 50%.
Di sisi lain, Tokopedia Fashion membuat sejumlah produk fesyen, seperti aksesoris wanita (contoh: kalung dan gelang), sneakers, dan kaos, menjadi produk paling laris pada kuartal III 2024.
Sedangkan melalui Selasa Bergaya di Tokopedia, sejumlah produk fesyen paling laris pada bulan September 2024 antara lain: kaos, sneaker dan blouse muslim.
Lewat Selasa Bergaya di ShopTokopedia, beberapa produk fesyen mengalami kenaikan tertinggi nilai transaksi, antara lain: mukena wanita, tas selempang, dan tote bag, dengan rata-rata lebih dari 3 kali lipat.
Beli Lokal di samping itu memungkinkan masyarakat mendapatkan produk dari brand lokal terkurasi dengan penawaran menarik, dan memberikan dampak positif terhadap tren belanja online di Indonesia.
Di Tokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui Beli Lokal, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera, dengan rata-rata hampir 9 kali lipat
Di ShopTokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: parfum, deodoran, dan hijab, dengan rata-rata lebih dari 3,5 kali lipat.
Lewat Pasar Berdaya Digital, masyarakat bisa lebih mudah mengakses produk dari para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta, dan Pasar Beringharjo, Yogyakarta, lewat pengalaman belanja yang lebih menarik di ShopTokopedia berkat konten video di TikTok.
"Lewat berbagai inisiatif yang telah dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia bersama para mitra strategis, kami berharap akan lebih banyak lagi brand fesyen lokal--khususnya batik--yang merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta makin banyak masyarakat yang bangga menggunakan produk fesyen lokal termasuk batik," ungkap Desey Muharlina Bungsu, Fashion Apparel and Campaign Senior Director Tokopedia and TikTok E-commerce, saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (02/10/2024).
Peningkatan transaksi produk fesyen secara keseluruhan
Di Tokopedia, beberapa produk fesyen dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: seragam sekolah, pakaian adat, sepatu anak, dengan rata-rata hampir 2 kali lipat.
Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk fesyen di Tokopedia, antara lain: Tulungagung, Pulai Taliabu, dan Konawe Utara, dengan rata-rata lebih dari 3 kali lipat.
Sedangkan di ShopTokopedia, beberapa produk fesyen dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: aksesoris wanita, baju olahraga, dan baju special occasion pria (contoh: baju tradisional dan seragam kerja), dengan rata-rata lebih dari 300%.
Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk fesyen di ShopTokopedia, antara lain: Lampung, Yogyakarta, dan Bali.
Baca Juga: Lima Inisiatif Tokopedia & ShopTokopedia untuk Dukung UMKM Batik Lokal