Find Us On Social Media :

Review Seagate Ultra Touch HDD 4 TB: HDD Portabel Lebih Ramah Lingkungan

By Cakrawala Gintings, Senin, 7 Oktober 2024 | 10:00 WIB

Seagate Ultra Touch HDD 4 TB.

Ramah lingkungan menjadi hal yang penting bagi banyak pihak. Begitu pula bagi sejumlah produsen perangkat TI. Salah satunya adalah Seagate Technology yang antara lain menawarkan berbagai produk HDD. Belum lama Seagate menghadirkan Ultra Touch HDD yang merupakan HDD eksternal yang portabel dan mengandung material daur ulang. Seagate mengeklaim Ultra Touch HDD mengandung setidaknya 30% material daur ulang pascakonsumen berdasarkan berat. Tak hanya itu, kemasannya pun 100% bisa didaur ulang.

Sebelumnya, sudah terdapat produk HDD portabel dari Seagate yang menggunakan Ultra Touch pada namanya. Namun, Seagate Backup Plus Ultra Touch yang dimaksud tidak mengedepankan perihal daur ulang. Dengan kata lain, Seagate Ultra Touch HDD dengan 30% material daur ulang dan kemasan yang 100% bisa didaur ulang adalah HDD portabel yang lebih ramah lingkungan. Hal ini tentunya juga terhadap aneka HDD portabel lain yang belum menggunakan material daur ulang maupun yang sudah dengan porsi yang lebih sedikit.

Seagate Ultra Touch HDD 4 TB menggunakan antarmuka USB 3.0 Type-C. Terlihat juga LED sebagai indikator di sebelah kanan porta.

Hadir dengan opsi kapasitas 2 TB, 4 TB, dan 5 TB; kali ini InfoKomputer kedatangan Seagate Ultra Touch HDD 4 TB. Hadir dengan warna yang disebut "Pebble Grey", HDD portabel ini punya dimensi 115,3 x 80 x 23,1 mm dan bobot 267 gr sehingga nyaman untuk dimasukkan tas dan dibawa-bawa. Meski bukan yang terbesar, kapasitas 4 TB yang diusungnya relatif besar dan sudah memadai untuk berbagai keperluan penyimpanan data portabel. Sekadar informasi, warna Pebble Grey adalah untuk Seagate Ultra Touch HDD 4 TB dan 5 TB, sedangkan varian 2 TB hadir dengan warna yang disebut "Cloud White".

Menggunakan antarmuka USB Type-C, Seagate Ultra Touch HDD 4 TB sudah mendukung USB 3.0. Pada paketnya disertakan sebuah kabel dengan konektor USB Type-C pada kedua ujungnya. Tidak disertakan adaptor USB Type-C (receptacle) ke USB Standard-A (plug), begitu pula kabel dengan konektor USB Type-C pada salah satu ujungnya dan USB Standard-A pada ujung satunya. Dengan kata lain, pengguna yang ingin menghubungkan Seagate Ultra Touch HDD 4 TB ke porta USB Standard-A di PC dekstop maupun laptop, perlu menggunakan alat tambahan. Pengguna bisa membeli adaptor atau kabel yang dimaksud.

Perihal konektor, Seagate Ultra Touch HDD 4 TB hanya menyertakan sebuah kabel dengan konektor USB Type-C pada kedua ujungnya.