Find Us On Social Media :

Review vivo X100: Flagship Paling Murah vivo dengan Lensa Zeiss

By Dayu Akbar, Selasa, 8 Oktober 2024 | 08:00 WIB

vivo X100

Vivo X100 merupakan salah satu flagship vivo yang meluncur di Indonesia di tahun 2024, berbarengan dengan vivo X Fold 3 Pro dan vivo X100 Pro. Meski hadir sebagai seri paling rendah dari vivo X100 Series, spesifikasinya ternayat tidak jauh berbeda dengan seri Pro. Pembeda paling mencolok antara keduanya ada pada resolusi kamera teleskop di seri Pro yang justru lebih rendah.

Vivo X100 hadir dalam dua pilihan warna yaitu Asteroid Black dan Startrail Blue dan unit yang kami uji ada adalah pilihan warna pertama. Tampilannya premium dengan nuansa futuristik karena bagian belakangnya menggunakan desain kamera yang diberi nama Moon Halo Design. Ini merupakan frame bulat yang terdapat tiga kamera belakang dan satu LED flash.

Dengan material aerospace-grade stainless steel pada frame dan kaca di bagian belakang dengan finishing matte, Vivo X100 terasa sangat solid dan elegan. Bodinya tergolong besar dan berat dengan ketebalan 8,5 cm dan berat 202 gram. Sudah tersertifikasi IP68 sehingga sudah tahan debu dan juga tahan air.

Meski nyaman digenggam dengan bodi belakang yang tahan goresan, vivo juga menyertakan case silikon yang termasuk dalam paket pembelian.

Mirip dengan seri Pro, layarnya menggunakan panel LTPO AMOLED berukuran 6,78 inch dengan resolusi 1,5K atau 1260 x 2800 pixels. Layarnya memiliki desain melengkung di sisi kiri dan kanannya, dengan tingkat kecerahan hingga 3.000 nits. Refresh rate maksimal mencapai 120 Hz yang dilengkapi dengan kemampuan adaptif mulai dari 1 hingga 120 Hz. Sebagai pelindung sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass Victus 2 sehingga aman dari goresan meski disimpan dalam saku atau tas bersamaan dengan benda lainnya.

Slot kartu SIM terdapat kompartemen yang hanya bisa menampung hingga 2 kartu nano SIM tanpa kartu microSD.

Penempatan tombol fisiknya standar, sisi kanan Volume dan Power. Sisi kiri kosong dan sisi atas terdapat mikrofon dan sensor infra red yang berfungsi sebagai remote control untuk perangkat elektronik. Pada sisi bawah terdapat port USB type-C, mikrofon, speaker, dan slot kartu SIM tanpa dukungan kartu microSD. Untuk speakernya berjenis stereo karena selain di sisi bawah juga terdapat di dekat bagian earpiece.

vivo X100 memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa wide 50 MP, lensa telefoto Zeiss dengan resolusi 64 MP, dan lensa ultra-wide 50 MP, sedangkan kamera depannya punya resolusi 32 MP.

Kamera Foto dengan Zeiss

vivo X100 mengusung konsep Professional Photography dengan menggandeng Zeiss. Bagian belakang vivo X100 terdapat tiga kamera dimana kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX920 beresolusi 50MP, dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) untuk hasil foto yang stabil dan tajam, bahkan di kondisi cahaya rendah.

Contoh hasil foto menggunakan kamera telephoto 10x zoom (kanan) yang mampu menghasilkan foto yang baik.

Kamera ini juga mendukung perekaman video hingga 8K 30fps serta 4K di 60fps​. Dan bagi yang ingin menggunakan mode Slo-mo, Anda bisa menggunakan pilihan resolusi hingga 1080p dengan frame rate 240fps. Sedangkan mode Time-lapse mendukung hingga resolusi 4K. Uniknya pada mode Slo-mo mengatur pembesarannya  hingga 5x dan Time-lapse hingga 10x.