Find Us On Social Media :

Makin Lama, YouTube Tambah Durasi Video Shorts Menjadi 3 Menit

By Adam Rizal, Selasa, 8 Oktober 2024 | 13:00 WIB

YouTube Shorts

YouTube kembali melakukan pembaruan besar pada fitur video pendeknya, Shorts, dengan memperpanjang durasinya hingga tiga menit. Hal itu memungkinkan kreator lebih leluasa dalam membuat video tanpa terbatas oleh durasi yang terlalu singkat. 

Todd Sherman (Direktur Manajemen Produk YouTube Shorts) mengatakan para kreator konten dapat mengunggah video Shorts dengan durasi hingga tiga menit mulai 15 Oktober 2024. "Fitur ini merupakan salah satu permintaan utama dari para kreator, sehingga YouTube senang bisa memberikan fleksibilitas lebih untuk mereka dalam menceritakan kisah melalui video," katanya.

Durasi baru itu akan berlaku untuk video dengan rasio aspek persegi atau lebih tinggi, dan tidak memengaruhi video yang diunggah sebelum tanggal tersebut. YouTube juga berencana meningkatkan rekomendasi untuk Shorts yang lebih panjang dalam beberapa bulan ke depan.

Selain memperpanjang durasi, YouTube juga menghadirkan beberapa pembaruan untuk memudahkan kreator dalam membuat konten, seperti penambahan templates yang memungkinkan kreator mengikuti tren terbaru dengan mudah, serta integrasi model AI Google, Veo, yang akan membantu kreator menghasilkan latar belakang video yang lebih menarik.

YouTube juga memberikan opsi bagi pengguna untuk mengatur preferensi mereka terkait konten Shorts. Jika pengguna merasa terlalu banyak terpapar konten Shorts, mereka bisa memilih opsi "Show fewer Shorts" melalui menu di beranda, sehingga konten Shorts yang ditampilkan akan berkurang.

"Kreator akan dapat mewujudkan ide mereka dengan latar belakang video yang lebih luar biasa dan klip video mandiri, yang akan membuat Shorts Anda semakin memukau akhir tahun ini," kata Todd dalam blog resminya.

Sementara itu YouTube baru-baru ini memperkenalkan alat berbasis AI generatif bernama Veo yang memudahkan kreator membuat video pendek enam detik menggunakan teks sebagai prompt. Veo adalah pengembangan dari fitur Dream Screen, dan memungkinkan integrasi video serta gambar AI ke dalam YouTube Shorts, memanfaatkan teknologi dari Google DeepMind.

Salah satu kemampuan utama Veo adalah menciptakan latar belakang video berbasis AI yang bisa ditambahkan ke Shorts, dan memungkinkan pembuatan klip video enam detik secara otomatis. Alat ini diperkirakan akan tersedia pada akhir 2024.

Beberapa kreator populer, seperti Adrian Bliss dan musisi d4vd, telah memanfaatkan Veo untuk menciptakan konten kreatif. Namun, muncul kekhawatiran terkait kepemilikan konten yang dihasilkan oleh AI serta potensi pelanggaran hak kekayaan intelektual. YouTube berencana memberikan label khusus untuk konten yang dibuat dengan bantuan AI sebagai langkah antisipasi.

Meskipun demikian, YouTube berharap Veo dapat mempercepat proses kreatif para kreator dengan menyediakan alat yang lebih canggih, menghadirkan peluang baru dalam ekonomi kreator berbasis AI. CEO YouTube Neal Mohan mengatakan monetisasi kreator akan tetap sama, tetapi tidak memberikan jawaban pasti mengenai siapa yang memiliki hak atas konten yang dihasilkan oleh AI. Selain itu, ada juga kekhawatiran bahwa konten yang dihasilkan oleh AI dapat melanggar perlindungan hak kekayaan intelektual. 

"Kami akan menandai konten yang dihasilkan oleh AI dengan label khusus untuk memberi tahu penonton bahwa konten tersebut dibuat dengan bantuan AI," katanya.

Dengan peluncuran Veo, YouTube berharap dapat memberikan alat yang lebih canggih bagi para kreator untuk mengembangkan ide-ide kreatif mereka dengan lebih cepat dan efisien. Generative AI memberikan perspektif baru dalam ekonomi kreator, memungkinkan mereka untuk mengakses alat yang sebelumnya hanya tersedia bagi model bahasa besar.