Platform Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi di Indonesia Timur pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2023.
Menurut data internal, sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Maluku melalui Tokopedia, antara lain: Kepulauan Aru, Maluku Tenggara, dan Tual.
Sedangkan kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Maluku melalui Tokopedia, antara lain: Pakaian Muslim Pria, Helm Motor, serta Gitar dan Bass, dengan rata-rata hampir 2 kali lipat.
Tokopedia juga mencatat peningkatan animo masyarakat di Papua pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2023.
Sejumlah wilayah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Papua melalui Tokopedia, antara lain: Deiyai, Mamberamo Tengah, dan Waropen, dengan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat.
Sedangkan kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Papua melalui Tokopedia, yaitu Perawatan Bayi, Pakaian Muslim Pria, dan Peralatan Olahraga Air, dengan rata-rata lebih dari 2 kali lipat.
Animo masyarakat untuk belanja online melalui Tokopedia di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di NTB melalui Tokopedia, antara lain: Sumbawa Barat, Lombok Utara, dan Bima.
Selain itu, beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di NTB melalui Tokopedia, antara lain: Pakaian Muslim Pria, Perlengkapan Ibadah, dan Dress Muslim Wanita, dengan rata-rata hampir 2 kali lipat.
Sedangkan sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di NTT melalui Tokopedia adalah Rote Ndao, Kupang, dan Sumba Tengah.
Sedangkan beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di NTT melalui Tokopedia, yaitu Outerwear Muslim Wanita, Merchandise (contoh: photobook, photocard, poster), dan Machinery (contoh: mesin bending, mesin bandsaw), dengan rata-rata hampir 3,5 kali lipat.
Di sisi lain, di ShopTokopedia pada kuartal II 2024 dibandingkan kuartal I 2024, secara keseluruhan (data nasional atau seluruh wilayah di Indonesia), terdapat sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: Bali, Kalimantan Selatan, dan NTB.
Beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Indonesia melalui ShopTokopedia, antara lain: Peralatan Kamar Mandi, Women's Special Clothing (contoh: pakaian adat), Perlengkapan Taman, Perlengkapan Olahraga dan Kegiatan Luar Ruangan, serta Perlengkapan Barbecue, dengan rata-rata hampir 2 kali lipat.
Tokopedia dan ShopTokopedia menilai kenaikan transaksi tersebut berkat inisiatif yang telah dihadirkan seperti Beli Lokal dan Promo Guncang,