Find Us On Social Media :

Oppo Luncurkan ColorOS 15 dengan Desain Baru dan Peningkatan AI

By Adam Rizal, Sabtu, 19 Oktober 2024 | 09:00 WIB

Oppo Rilis ColorOS 15 dengan Desain Baru dan Peningkatan AI

Oppo resmi meluncurkan ColorOS 15, sistem operasi terbaru berbasis Android 15 yang menampilkan desain baru dan fokus teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI). Pembaruan desain itu mencakup ikon aplikasi yang diperbarui, efek pencahayaan dinamis, pencahayaan alami, dan bayangan yang diterapkan di seluruh antarmuka pengguna seperti dikutip GSM Arena.

Fitur animasi ditingkatkan melalui mesin Aurora dan Tidal, yang memungkinkan perpindahan aplikasi berjalan mulus tanpa lag, meski pengguna beralih dengan cepat. ColorOS 15 juga memperkenalkan gerakan baru dengan animasi yang lebih halus dan optimisasi yang meningkatkan respons aplikasi hingga 18 persen serta mempercepat instalasi aplikasi hingga 26 persen dibandingkan versi sebelumnya.

Dalam hal AI, pengguna kini dapat berinteraksi dengan asisten virtual XiaoBu untuk percakapan alami. Fitur Circle to Search juga memudahkan pencarian cepat dari layar. Kemampuan AI lainnya mencakup pemrosesan gambar yang memungkinkan pengguna menghapus objek atau bayangan, serta mengurangi blur pada foto potret.

Fitur Live Photos kini mendukung stabilisasi gambar elektronik. Fitur tambahan AI termasuk aplikasi Notes dapat meringkas catatan, pemindai dokumen dengan kemampuan terjemahan antar-bahasa, serta perekam suara yang bisa meringkas dan menyalin rekaman. Meskipun jumlah dukungan bahasa belum diumumkan, saat ini ColorOS 15 mendukung bahasa Inggris, China, dan Hindi. 

Sistem ini akan tersedia secara pre-instal pada seri Oppo Find X8 dan OnePlus 13 di China, sementara perangkat lama seperti Find X7, Find N3, Find N3 Flip, dan OnePlus Ace 3 akan mendapatkan pembaruan mulai November 2024, dengan pembaruan terakhir dijadwalkan pada Maret 2025 untuk Oppo Reno8 Pro+.

Sementara itu Head of Public Relations Oppo Indonesia, Arga Bima mengatakan peluncuran Oppo Reno 12 Series 5G menandai awal dari upaya Oppo untuk membuat fitur Generative AI tersedia di seluruh lini produk mereka, termasuk di ponsel kelas atas, menengah, dan entry-level.

"Oppo Reno 12 Series 5G merupakan langkah awal mewujudkan komitmen ini dan menyediakan fitur AI bermanfaat bagi semua kalangan," katanya.

Saat ini, Oppo Reno 12 Series 5G hanya tersedia di segmen menengah ke atas, dengan dua model yaitu Reno 12 5G dan Reno 12 Pro 5G, yang masing-masing dijual seharga Rp 7 juta (12 GB/256 GB) dan Rp 8 juta (12 GB/512 GB) untuk Reno 12 5G, serta Rp 9 juta untuk Reno 12 Pro 5G (12 GB/512 GB). Ponsel ini ditargetkan untuk pasar premium, terutama untuk para pekerja kantoran di kota. 

Oppo memastikan fitur Generative AI seperti AI Eraser 2.0, AI Clear Face, AI Best Face, AI Studio, dan AI Toolbox kemungkinan akan hadir di ponsel Oppo mendatang, meskipun rincian tentang model ponsel yang akan dibekali fitur tersebut belum diungkapkan.

Baca Juga: Samsung Siapkan AI Menggantikan Menu Pengaturan di HP Galaxy