Find Us On Social Media :

Lebih dari Sekadar AI Generatif, Inilah AI Lain untuk Dukung Agen AI

By Rafki Fachrizal, Senin, 28 Oktober 2024 | 09:20 WIB

Ilustrasi Artificial Intelligence.

Jika Anda telah mengikuti perkembangan generative AI (AI generatif) selama setahun terakhir, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa topik baru yang menarik dari teknologi ini adalah mengenai Agen AI.

AI generatif merupakan salah satu teknologi paling maju yang telah dikembangkan dalam beberapa generasi.

Namun, terdapat juga sejumlah teknologi AI yang sudah mapan yang bila digabungkan dengan AI generatif dapat menghasilkan pencapaian yang lebih besar.

Pengungkapan ini meletakkan dasar untuk membangun agen AI yang canggih dan terhubung yang dapat melayani pelanggan, memberdayakan karyawan, memperkuat kreativitas, dan mempercepat coding atau analisis data.

Apa yang membuat agen AI istimewa adalah kemampuan mereka untuk mengambil tindakan guna mencapai tujuan tertentu, seperti membantu pembeli menemukan sepatu yang ideal, mendukung karyawan dalam mencari manfaat kesehatan yang sesuai, atau memfasilitasi proses serah terima pasien yang lebih efisien bagi staf perawat saat pergantian shift.

Ada yang lebih dari sekadar AI generatif

Model dasar dan model bahasa besar, atau LLM (large language models) mampu membuat hampir semua jenis konten seperti: teks, gambar, video, audio, atau bahkan kode untuk coding.

Model-model ini, yang mendukung kemampuan AI generatif, dapat mendeteksi pola dan struktur dalam data pelatihan mereka dan membuat konten yang benar-benar baru dengan karakteristik yang serupa.

Satu hal yang menarik adalah bagaimana antarmuka AI generatif kini memudahkan pengguna untuk mengakses teknologi AI lainnya, seperti pemodelan prediktif, serta pengenalan gambar dan suara.

Menurut penelitian McKinsey, AI generatif dapat meningkatkan dampak teknologi AI lainnya sebanyak 40%.

Ketika perusahaan/organisasi ingin memanfaatkan potensi penuh dari AI, sangat penting untuk mulai mengeksplorasi teknologi AI yang sebelumnya kurang dimanfaatkan di luar sana dan mulai merencanakan jalur yang jelas menuju agen AI.

1. Predictive AI

Teknologi predictive AI dapat menganalisis data historis dan mengidentifikasi pola untuk memprediksi hasil di masa depan.