Find Us On Social Media :

Asus ROG Rapture GT-AC5300: Kencang dan Kaya Fitur untuk Gaming

By Dayu Akbar, Rabu, 9 Mei 2018 | 09:00 WIB

Tak cuma memiliki beragam produk gaming, Asus juga melebarkan jajaran produk lini gaming-nya, ROG (Republic of Gamers), dengan menghadirkan perangkat jaringan. Rapture GT-AC5300 adalah wireless router pertama yang dirilis oleh Asus di lini ROG yang diprioritaskan untuk kebutuhan bermain game.

Asus ROG Rapture GT-AC5300 memiliki tampilan fisik yang berukuran besar dan gagah, ditambah lagi dengan pemasangan logo ROG yang menegaskan identitasnya sebagai sebuah perangkat gaming. Sekilas, tampilannya juga mirip dengan wireless router Asus RT-AC5300 yang sama-sama berukuran besar dan dilengkapi dengan delapan buah antena eksternal.

Wireless router ini memiliki kecepatan total sebesar 5.300 Mbps. Kecepatan tersebut terbagi ke dalam 3 pita operasi, yaitu 2,4 GHz yang memiliki kecepatan maksimal 1.000 Mbps, serta total 2.167 Mbps di kedua pita 5 GHz-nya. Kedua pita 5 GHz yang ada dibagi untuk kebutuhan berbeda, 1 pita untuk kebutuhan standar dan 1 pita lagi diklaim khususkan untuk kebutuhan gaming. Asus ROG Rapture GT-AC5300 juga telah mendukung teknologi MU-MIMO.

Asus menyediakan koneksi kabel yang berlimpah pada wireless router ini. Asus ROG Rapture GT-AC5300 memiliki delapan port LAN yang semuanya sudah mendukung gigabit. Kedelapan port LAN tersebut dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama yang terdiri dari 4 port mendukung link aggregation, sedangkan bagian kedua yang terdiri dari 4 port lainnya diprioritaskan untuk kebutuhan gaming. Selain itu, masih terdapat juga dua port USB 3.0 untuk pemasangan media simpan eksternal, printer, maupun modem.

Diposisikan untuk kebutuhan gaming, panel kontrol web milik Asus ROG Rapture GT-AC5300 juga bernuansa merah hitam khas ROG dan menampilkan beragam informasi yang lengkap. Asus juga menerapkan menu yang dikhususkan untuk kebutuhan gaming pada panel kontrol webnya. Namun sebenarnya fitur tersebut memiliki fungsi yang sama dengan wireless router Asus pada umumnya. Sebagai contoh, fitur QoS diberi nama Game Boost pada perangkat ini. Penggunaan nama yang berbeda tersebut menurut kami dapat membingungkan bagi sebagian besar pengguna, khususnya pengguna awam.

Selain itu, Asus juga menyediakan aplikasi Asus Router yang tersedia untuk Android dan iOS. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai konfigurasi melalui smartphone seperti yang dapat Anda lakukan di panel kontrol webnya. Namun, aplikasi ini hanya dapat digunakan melalui jaringan lokal, yang berarti Anda harus berada di jaringan yang sama dengan wireless router ini.

Kinerja Asus ROG Rapture GT-AC5300 menurut kami terbilang cukup baik. Pada pita 2,4 GHz, wireless router ini mampu mencatatkan kecepatan rata-rata sekitar 345,17 Mbps. Sementara pada pita 5 GHz, wireless router ini mencetak kecepatan rata-rata sekitar 586 Mbps. Adapun kecepatan pada pita 5 GHz yang diklaim dikhususkan untuk kebutuhan gaming juga tak jauh berbeda.

Aplikasi Mobile

Terdapat aplikasi mobile di Android dan iOS yang bisa digunakan untuk memantau dan melakukan konfigurasi.

Kesimpulan

Asus ROG Rapture GT-AC5300 menawarkan spesifikasi yang tinggi serta koneksi yang berlimpah. Bagi pengguna awam, wireless router ini mungkin memiliki spesifikasi yang berlebihan. Namun, jika Anda membutuhkan kinerja tertinggi serta fitur terlengkap untuk jaringan nirkabel Anda, baik untuk kebutuhan gaming maupun bekerja, wireless router ini bisa dijadikan pilihan.