Find Us On Social Media :

Nokia 6: Unggulkan Desain, Layar Full HD, dan Audio Dolby Atmos

By Dayu Akbar, Rabu, 9 Mei 2018 | 09:30 WIB

Setelah gagal di platform Windows Phone, akhirnya Nokia mencoba peruntungannya di ranah Android. Ini merupakan kabar baik bagi pecinta merek legendaris tersebut, mengingat nama besar Nokia sempat merajai di ranah telepon seluler. Meluncurkan beberapa varian, InfoKomputer berkesempatan menguji Nokia 6 yang menyasar penggunaan multimedia definisi tinggi.

Hal yang mempertegasnya adalah tampilan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD yang terlihat sangat tajam. Menariknya, layar terlihat agak sedikit bernuansa biru meski tingkat kecerahan diatur pada kondisi maksimal. Ini membuat tampilan menjadi tidak menyilaukan dan lebih nyaman di mata. Sebagai pelindung, layarnya telah menggunakan Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya lebih aman dari goresan.

Sebagai smartphone multimedia, Nokia 5 menyematkan teknologi Dolby Atmos untuk keluaran suaranya. Didukung dengan dual speaker di sisi bawah, membuat keluaran suara terdengar nyaring. Saat menggunakan earphone, dentuman bas terdengar mantap. Hanya saja, meski mengusung teknologi Dolby Atmos, Nokia tidak menambahkan pengaturan suara berupa equalizer. Pengguna hanya diberikan dua pilihan saja yaitu Music mode dan Theater mode.

Pertama melihat fisiknya, InfoKomputer langsung teringat dengan desain pada Nokia 930. Meski ditampilkan dengan desain ala Android, tetapi sisa-sisa desain Nokia 930 masih sedikit terlihat. Tampilan premium dengan material metal membuatnya terlihat keren dan mewah. Cover belakangnya menggunakan bahan kesat sehingga nyaman digenggam. Namun berdampak pada mudah kotor dan banyak menyisakan bercak tangan.

Dari sisi kamera, Nokia 6 tidak menghadirkan sesuatu yang unik dan terbilang standar. Kamera utamanya hanya satu dan memiliki resolusi enam belas megapixel serta lampu kilat dengan fitur dual tone. Sementara kamera depan memiliki resolusi delapan megapixel dengan soft flash. Bahkan, aplikasi kameranya pun minim pengaturan atapun pilihan mode.

Kamera Utama

Kamera utamanya memiliki resolusi 16 MP dan mengusung apperture f/2.0. Kamera utama ini telah dilengkapi dengan dual LED flash guna mendapatkan gambar terbaik meski berada di lingkungan gelap.

Hasil uji

AnTuTu Benchmark 6.2.7 - Score 45326
PCMark for Android 2.0.3715 - Work Performance Score 3652
PCMark for Android 2.0.3715 - Work 2.0 battery life 7 jam 43 menit
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm 9688
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm Extreme 5688
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm Unlimited 9489
GeekBench 4 - Single Core 685
GeekBench 4 - Multi Core 2867

Kesimpulan

Dari sisi desain dan kinerja, Nokia 6 sebenarnya cukup menjanjikan. Hanya saja, fitur kamera yang terbilang standar serta kisaran harga 4,5 juta rupiah terbilang tinggi jika dibanding kompetitor. Hal ini bisa menjadi hal yang diperhitungkan bagi sebagian calon pengguna. Namun, nama besar Nokia sepertinya masih menjadi daya tarik yang cukup memikat.

Plus: Desain premium, dukungan audio Dolby Atmos, dukungan sensor beragam, layar tajam dan nyaman di mata, sistem operasi lebih ringan dan gesit.