Find Us On Social Media :

Melihat Jelas Solusi Sangfor dan Cara Meningkatkan Keamanan Data Anda

By Administrator, Senin, 14 Mei 2018 | 09:00 WIB

“Setelah Menggunakan Next Gen Firewall (NGAF) dan WAN Optimization Sangfor, terasa sekali perbedaan yang signifikan” Julius Eka Wimardini (IT Infrastructure Manager, Enseval)

Memiliki cabang yang banyak merupakan suatu tantangan bagi Perusahaan Enseval dimana harus mampu mengontrol dan mengoptimalisasi setiap data yang dimiliki oleh perusahaan juga ditambah diperlukan proteksi yang terintegrasi dari permukaan aplikasi sampai tahapan yang lebih teknikal untuk melindungi data perusahaan. Dengan latar belakang tersebut, perusahaan Enseval yang bergerak di bidang distribusi dan logistik ini menyadari, akan pentingnya transformasi digital yang mampu mendukung efektifitas kinerja perusahaan tersebut.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Perusahaan penyedia solusi cloud dan keamanan terkemuka yaitu Sangfor, menawarkan solusi yang tepat dan tidak lain adalah NGAF dan WAN Optimization kepada Perusahaan Enseval. Solusi ini juga memberikan akselerasi terbaik untuk jaringan area luas yang dimiliki perusahaan.

Sedikit penjelasan dari solusi proteksi data atau firewall yang dimiliki oleh Sangfor yaitu NGAF. NGAF atau Next Gen Applications Firewall adalah salah satu terobosan produk yang menjadi pilihan utama Anda untuk melindungi keamanan data perusahaan Anda. Beberapa yang menjadi tantangan dalam melindungi keamanan data perusahaan Anda seperti mengatur berbagai jenis serangan, seperti kita tahu bahwa jenis serangan dunia cyber di era sekarang ini sangat membahayakan jalannya proses bisnis Anda. Ditambah lagi cost waktu yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Sehingga dengan Sangfor NGAF hal seperti ini dapat tersolusikan secara waktu dan tenaga yang dikeluarkan dalam membuat keamanan data Anda jadi lebih terjamin. Dengan pengaturan berbagai jenis resiko, NGAF bisa membantu memberikan solusi dan arah terhadap serangan-serangan tersebut, dan mecengah serangan kepada aplikasi – aplikasi tertentu yang jadi target dari internal maupun luar.

NGAF juga memberikan value lebih seperti kebutuhan reporting yang sudah ada didalam box NGAF. Sehingga tidak diperlukan box tambahan untuk memiliki pelaporan yang presisi dan akurat untuk dapat menentukan kebijakan-kebijakan dalam mencegah data keluar ataupun terserang dari sisi internal maupun eksternal. Juga keamanan WAF pun sudah include didalam box NGAF sehingga ini membuat NGAF memiliki beberapa fitur utama dalam 1 box seperti WAF, APT, IPS, dan firewall yang sangat secara dewasa siap digunakan di industri besar. Sehingga simple operation and maintenance (O&M) dapat menyimpan waktu untuk fokus lebih jauh lagi ke pengembangan infrastruktur perusahaan yang jauh lebih canggih lagi. Dengan serangan yang lebih terminimalisir maka downtime yang terjadi jadi lebih kurang dan ini sangat mengurangi proses bisnis Anda tersendat.

Dan alasan mengapa harus Sangfor dibandingkan produk-produk firewall lain yang memakan biaya yang cukup tinggi. Karena Sangfor memiliki memiliki WAF built-in yang sudah terinstal dan bisa dipakai oleh pengguna NGAF, reporting yang sudah didalam box NGAF sangfor tanpa harus membeli apliances tambahan, security yang sangat terjamin karna disertai juga dengan support dari Sangfor secara langsung.

Bukan hanya NGAF yang bisa ikut memberikan solusi untuk peningkatan pesat bisnis yang dimiliki oleh Anda. Nah berikut dari pihak Enseval juga sudah merasakan secara langsung tentang keuntungan dari WAN Optimiser atau WANO setelah menggunakan produk Sangfor.

Julius Eka Wimardini, selaku IT Infrastructure Manager, Enseval, mengatakan bahwa solusi WAN Optimization dari Sangfor memberikan banyak peningkatan pada sistem komputasi perusahaan tersebut. “Setelah Menggunakan WAN Optimization Sangfor, terasa sekali perbedaan yang signifikan. Mulai dari kecepatan membuka aplikasi dibandingkan sebelum menggunakan, hingga aplikasi utama yang menjadi jauh lebih stabil.”

Perusahaan Enseval sendiri sebelumnya belum pernah memakai solusi WAN Optimization dan langsung memilih Sangfor karena melihat latar belakang perusahaan dan pengalamannya yang sudah jelas. “Awalnya, kami mencari solusi one optimizer dan ketemulah beberapa merek seperti yang ada saat ini. Kami sendiri juga belum tahu seperti apa rasanya menggunakan one optimizer. Lalu kami coba satu-satu, hingga akhirnya kami cocok dan memutuskan untuk menggunakan produk dari Sangfor,” ucap Julius.

Seperti diketahui, kondisi infrastruktur di Indonesia memang saat ini masih belum begitu baik. Terkadang koneksi yang tidak stabil dan terputus membuat kendala tersendiri bagi perusahaan Enseval. “Dulu, yang paling terasa itu ketika koneksinya intermittent (putus-putus) dan di cabang lainnya juga ikut. Dalam kondisi tersebut, biasanya aplikasi langsung mati. Tetapi ketika menggunakan Sangfor, aplikasi  tetap berjalan seperti biasanya,” papar Julius.

Ia juga menerangkan, bahwa aplikasi Oracle EBS yang ada diperusahaan Enseval sebelumnya berjalan sangat lambat dan begitu juga dengan konferensi video yang memiliki kualitas rendah sehingga dikeluhkan oleh penggunanya. Secara langsung, Tim Sangfor lokal dari Indonesia telah membalik situasi dengan melakukan pengujian dibeberapa cabang yang Enseval miliki. Hasilnya, Sangfor WAN Optimization berhasil mengurangi lebih dari 60% lalu lintas WAN dan meningkatkan kualitas konferensi video. “Melihat hasilnya, tentu saja solusi ini sangat mendukung aktifitas perusahaan kami,” kata Julius.

Sejak tahun 2017, semua cabang Enseval Yang tersebar di Indonesia telah menggunakan solusi WAN Optimization dari Sangfor. Manfaat lain yang dirasakan perusahaan Enseval adalah ROI (Return of Investment) perusahaan yang menjadi lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Solusi yang ditawarkan Sangfor memiliki harga yang sangat kompetitif, yang otomatis membuat perusahaan Enseval tidak perlu mengeluarkan investasi yang begitu banyak untuk mendapatkan solusi seperti tersebut. “Dibandingkan dengan kompetitor yang ada saat ini, dari sisi cost and price yang paling affordable adalah sangfor. Melihat hal itu, kedepannya kita juga akan turut menerapkan solusi-solusi lain yang ada di Sangfor.” ucap Julius.