Find Us On Social Media :

Asustor AS6404T: NAS Multimedia untuk di Rumah yang Bisa Video 4K

By Dayu Akbar, Senin, 14 Mei 2018 | 07:00 WIB

Tak hanya berfungsi sebagai sebuah perangkat media penyimpanan, NAS (network attached storage) juga bisa dimanfaatkan sebagai pusat hiburan di rumah Anda. Saat ini pun, telah banyak NAS yang tak hanya menawarkan fungsi penyimpanan dan perlindungan data, melainkan juga memiliki fitur pendukung yang menunjangnya sebagai perangkat hiburan.

Produsen perangkat NAS, Asustor, juga memiliki banyak varian NAS dalam berbagai kapasitas yang mengedepankan fitur hiburan. Salah satunya adalah Asustor AS6404T. Fitur hiburan sepertinya menjadi salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh perangkat ini. Terlihat dari penggunan prosesor Intel Celeron dengan arsitektur Apollo Lake. Walaupun merupakan sebuah prosesor entry-level yang hemat daya, tapi Intel Celeron J3455 Apollo Lake merupakan prosesor yang cukup bertenaga untuk memutar konten berdefinisi tinggi. Bahkan, prosesor tersebut juga mampu memutar file video 4K HEVC dengan baik dan lancar.

Untuk menunjangnya sebagai sebuah perangkat NAS yang juga memiliki fitur hiburan, Asustor AS6404T juga dilengkapi dengan sebuah port HDMI 2.0 yang mendukung resolusi 4K. Dengan begitu, Anda dapat langsung menghubungkan monitor atau televisi Anda ke perangkat ini dan memfungsikannya seperti sebuah perangkat multimedia player. Pasalnya NAS ini juga telah dilengkapi dengan aplikasi Kodi sebagai standar. Navigasi saat berfungsi sebagai multimedia player bisa dilakukan dengan keyboard dan mouse yang dihubungkan ke port USB yang tersedia.

Asustor AS6404T memiliki kapasitas yang dapat menampung sampai empat unit hard disk. Ruang akses untuk hard disk dapat diakses di bagian depan, seperti NAS Asustor lainnya. Bedanya, Asustor AS6404T ini dilengkapi dengan penguci di setiap bay yang tersedia untuk memberikan pengamanan tambahan dari yang tidak berkepentingan. Di atas deretan hard disk, terdapat sebuah layar beserta tombol di sisi kanannya. Layar ini berfungsi untuk menampilkan sejumlah informasi seperti alamat IP dan kapasitas hard disk yang terpasang, serta beberapa fungsi dasar seperti format dan reset.

NAS ini menyediakan empat port USB. Satu port USB 3.0 berada di bagian depan bersama dengan tombol pintas untuk melakukan backup. Sementara tiga sisanya ada di bagian belakang bersama dengan dua port LAN, HDMI, dan SPDIF. Salah satu port USB yang tersedia merupakan port USB 3.0 Type-C.

Untuk menghasilkan kinerja yang mumpuni sebagai sebuah NAS maupun sebuah multimedia center atau multimedia player, Asustor AS6404T ditenagai oleh prosesor Intel Celeron J3455 yang dipadukan dengan memori utama sebesar delapan gigabyte dalam konfigurasi dual channel.

Selama proses pengujian, NAS ini sebenarnya memiliki kinerja yang cukup baik. Proses boot sampai siap untuk digunakan bisa selesai dalam waktu yang cepat. Hanya saja, masih terdapat beberapa masalah pada firmware Asustor DataMaster (ADM) versi 2.7.1 yang disertakan pada Asustor AS6404T bersangkutan. Selama proses konfigurasi, NAS ini beberapa kali tidak responsif. Begitu pula dengan proses konfigurasi RAID yang terbilang lama.

Untungnya Asustor telah merilis firmware baru versi 3.0.3 yang kami gunakan pada pengujian untuk memperbaiknya. Jadi, jika Anda akan menggunakan NAS ini, pastikan Anda melakukan update firmware terlebih dahulu untuk memastikan semuanya dapat berfungsi dengan baik.

Setelah melakukan proses update firmware, Asustor AS6404T menunjukan perbaikan kinerja yang cukup baik. NAS menjadi lebih responsif dan proses konfigurasi RAID dapat dilakukan dengan lebih cepat. Untuk kecepatan transfer datanya, NAS ini memiliki kecepatan baca tulis yang terbilang baik. Dengan kecepatan rata-rata sekitar 95 MBps untuk baca dan 88 MBps untuk tulis, rasanya Asustor AS6404T ini cukup mampu untuk menangani lalu lintas data dalam jaringan skala kecil seperti di rumah, atau sampai skala menengah seperti di kantor berukuran kecil.

Tak cuma berfungsi sebagai NAS dengan fitur multimedia player untuk hiburan, Asustor AS6404T juga dapat ditambahkan berbagai fungsi lain. Sama seperti NAS Asustor lainnya, NAS ini juga menyediakan App Center pada ADM yang berfungsi untuk melakukan instalasi aplikasi tambahan yang memberikan fungsi tambahan seperti file server, web server, mail server, dan berbagai fungsi lainnya.

Asustor AS6404T menyediakan dua port LAN serta sebuah port USB 3.0 Type-C.

Firmware awal versi 2.7.1 agak bermasalah, pastikan Anda melakukan update firmware terlebih dulu sebelum menggunakannya.