Find Us On Social Media :

Ruijie Networks RG-AP740-I: MU-MIMO untuk Pengguna Kelas Bisnis

By Dayu Akbar, Minggu, 20 Mei 2018 | 06:00 WIB

Di segmen perangkat jaringan untuk kelas komersial dan enterprise, Ruijie Networks merupakan nama yang cukup populer. Produsen asal Tiongkok ini memiliki lini produk yang beragam mulai dari switch, jaringan nirkabel, sampai perangkat keamanan jaringan.

Ruijie Networks RG-AP740-I adalah sebuah access point yang hadir untuk lingkungan bisnis atau enterprise yang memiliki ruangan berukuran sedang sampai besar. Access point ini memiliki bentuk fisik yang cukup besar dengan konfigurasi antena internal yang lengkap. Ruijie Networks mengklaim bahwa perangkat yang mendukung 802.11ac ini memiliki tiga radio di dalamnya. Satu radio beroperasi pada pita 2,4 GHz, satu radio beroperasi pada 5 GHz, dan satu radio lagi mampu beroperasi pada keduanya. Radio ketiga ini bisa berganti pita operasi sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Bodi dari Ruijie RG-AP740-I menggunakan material yang berkualitas. Bodinya ini juga diklaim telah mengantongi sertifikasi IP41 yang bisa membuatnya digunakan di luar ruangan, tetapi tidak tahan terhadap debu maupun hujan deras. Oleh karena itu, saat digunakan di luar ruangan, perangkat ini sebaiknya digunakan di tempat yang tetap terlindungi dari debu dan hujan.

Ruijie RG-AP740-I memiliki tiga port LAN. Seluruh port LAN tersebut ada di bagian belakang. Dua port merupakan port LAN yang mendukung PoE (power over ethernet). Sementara satu port LAN lagi merupakan port console. Letaknya bersebelahan dengan port untuk adapter daya. Sayangnya, perangkat ini tidak dilengkapi dengan adapter daya maupun PoE injector di dalam paketnya. Anda harus membeli adapter daya maupun PoE injector secara terpisah.

Walaupun Anda dapat menggunakan kedua port LAN untuk jaringan dalam memanfaatkan PoE, tetapi sepertinya port console yang tersedia tidak mendukung PoE. Saat kami coba menghubungkan kabel jaringan yang telah terhubung ke PoE injector pada port console ini, Ruijie RG-AP740-I tidak dapat menyala. Sepertinya, Anda harus menggunakan adapter daya atau menghubungkan kabel jaringan dengan PoE injector itu ke port LAN saat ingin menggunakan port console-nya.

Untuk konfigurasi awal, Ruijie RG-AP740-I harus dihubungkan ke jaringan atau ke komputer langsung melalui port console. Langkah ini diperlukan untuk melakukan initialization pertama sebelum Anda dapat melakukan konfigurasi lebih lanjut. Langkah awal ini juga mengharuskan Anda untuk melakukan konfigurasi dengan menggunaakan CLI (command line interface) melalui SSH dan Telnet. Pada konfigurasi awal ini, Anda akan mengatur alamat IP untuk perangkat bersangkutan dan mengaktifkan panel kontrol GUI untuk konfigurasi lebih lanjut.

Konfigurasi awal yang mewajibkan Anda memanfaatkan CLI menurut kami membuatnya cukup sulit untuk digunakan. Untuk menggunakannya, diperlukan pengetahuan konfigurasi melalui CLI dengan mengetik perintah-perintah yang tersedia. Dokumentasi mengenai cara konfigurasi dan perintah-perintah yang didukung tidak tersedia dalam paket yang kami terima. Namun dokumentasi tersebut tersedia lengkap di situs resminya.

Untuk kinerjanya sendiri, Ruijie RG-AP740-I memiliki kinerja yang baik. Dengan koneksi klien tunggal, perangkat ini bisa menghasilkan kecepatan rata-rata sekitar 224 Mbps di 2,4 GHz dan sekitar 671 Mbps di 5 GHz. Dukungan MU-MIMO juga membuatnya kinerjanya tetap tinggi saat harus melayani banyak perangkat sekaligus.

Perangkat ini menyediakan tiga radio. Satu 2,4 GHz, satu 5 GHz, dan satu radio yang bisa diubah tergantung kebutuhan.

Ruijie RG-AP740-I membutuhkan pengetahuan CLI untuk konfigurasi awalnya sehingga cukup merepotkan.

Kesimpulan

Ruijie RG-AP740-I merupakan sebuah access point luar ruangan untuk digunakan di lingkungan bisnis skala menengah sampai besar. Konfigurasinya menurut kami cukup rumit, tetapi access point ini menawarkan spesifikasi yang menarik seperti dukungan 802.11ac, MU-MIMO, serta beberapa fitur lainnya untuk mendukung penggunaannya di lingkungan enterprise. (I. Setiawan)