Find Us On Social Media :

WWDC 2018 : Apple Resmi Luncurkan iOS 12, Inilah Pembaruannya

By Adam Rizal, Selasa, 5 Juni 2018 | 10:09 WIB

Apple resmi meluncurkan sistem operasi terbaru iOS 12 dalam konferensi pengembang tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018

Apple resmi meluncurkan sistem operasi terbaru iOS 12 dalam konferensi pengembang tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018.

Sistem operasi iOS 12 baru akan meluncur pada musim gugur ini dan tersedia untuk semua perangkat yang memiliki iOS 11.

Apple menyebut, kinerja iOS 12 jauh lebih cepat dibanding iOS sebelumnya. Apple mengklaim iOS 12 lebih cepat dalam membuka aplikasi mengoperasikan kamera, serta memunculkan keyboard.

Craig Federighi (Apple SVP of Software Engineering) mengatakan aplikasi iOS 12 akan fokus kepada peningkatan performa termasuk perangkat yang jadul. "Aplikasi meluncur 40 persen lebih cepat, keyboard juga meluncur 50 persen lebih cepat, dan buka kamera lebih cepat 70 persen," katanya seperti dikutip The Verge.

iOS 12 juga mendukung AR Kit 2 dan format file baru untuk grafik 3D. AR Kit 2 fokus meningkatkan pengalaman bersama dan banyak orang yang dapat berbagi lingkungan virtual.

iOS 12 berformat open source dan akan mendukung pembacaan file USDZ. Adobe juga akan menambahkan dukungan USDZ asli untuk Creative Cloud.

WWDC 2018

Apple juga meningkatkan hal Pencarian dengan Saran Pencarian foto pada iOS 12. Pengguna dapat mencari foto berdasarkan aktivitas, acara, lokasi, liburan dan barang. Bahkan, pengguna juga dapat mencari dengan kata kunci hampir apa pun, seperti museum, kantor, dan bar.

Aplikasi Foto mendapat tambahan tab "Untuk Anda." Di sana pengguna dapat menemukan album yang dibuat secara otomatis dan memiliki saran untuk berbagi seperti membagikan foto makan malam dengan orang-orang yang ada bersama Anda.

Apple juga memperbarui fitur Siri dengan fitur baru jalan pintas. Dengan fitur itu, pengguna dapat membuat pintasan seperti meminta Siri menemukan kunci Anda, memesan kopi, memesan tempat, dan pengingat. Ada aplikasi Pintasan untuk membantu pengguna membuat pintasan yang melibatkan berbagai aplikasi.

Siri juga menyarankan sesuatu yang mungkin telah dilupakan seperti memesan kopi.

Apple juga memperbarui Aplikasi Berita dengan adanya bagian Telusur dan tempat pengguna menjelajah berbagai topik. Aplikasi saham itu juga mendapat fitur Berita di dalamnya dan akan tersedia di iPad.