Find Us On Social Media :

Kenapa Apple Tidak Bikin MacBook Layar Sentuh? Sangat Melelahkan

By Adam Rizal, Sabtu, 9 Juni 2018 | 16:30 WIB

Apple MacBook

Saat ini sudah banyak laptop atau komputer desktop layar sentuh yang beredar di pasar. Akan tetapi, Apple masih tetap menggunakan desain laptop konvensional untuk setiap varian Mac-nya.

Sempat tersembul harapan Apple akan segera memperkenalkan notebook layar sentuh. Hal ini tidak lepas dari pengumuman Apple di ajang WWDC 2018 terkait aplikasi iOS yang dapat terintegrasi dengan perangkat MacOS di akhir tahun ini. Para pengembang aplikasi Apple berharap dapat menggunakan UIKit untuk menghubungkan aplikasi iOS ke Mac dengan perubahan kode minimal.

Pengumuman Apple itu membuat beberapa pengguna Apple mengharapkan perangkat Mac dapat mendukung penggunaan layar sentuh. Sayangnya, Apple pun langsung membantah Mac layar sentuh segera hadir di pasar.

"Kami berikir letak ergonomi Mac adalah tangan Anda bertumpu pada permukaan. Mengangkat tangan Anda dan menekan layar adalah hal yang sangat melelahkan," kata Craig Federighi (Senior Vice President of Software Engineering Apple) seperti dikutip Digital Trends.

"Saya tidak percaya kehadiran layar sentuh dapat mempercepat suatu pekerjaan lebih baik dari konvensional," ucapnya.

Tak hanya itu, Apple juga telah memiliki peraturan dan tradisi bahwa layar sentuh hanya untuk iPhone dan iPad. Sedangkan, MacOS tetap menggunakan mode input konvensional yaitu keyboard dan mouse.

MacOS Mojave OS 10.14

Apple resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya mac OS 10.14 atau Mojave dalam konferensi pengembang tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018.

Nama Mojave sendiri adalah gurun yang berada di bagian California Selatan dan bagian kecil California Utara, Utah Barat Daya, Nevada Selatan, dan Arizona Barat Laut. Penamaan ini menarik mengingat Apple biasanya memilih nama-nama gunung di California untuk julukan macOS.

"Saat malam Mojave sangat indah. Ini yang menginspirasi salah fitur baru kami," kata Craig Federighi (Apple SVP of Software Engineering) seperti dikutip The Verge.

Sistem operasi Mojave memiliki fitur baru dark mode yang membuat semua tampilan macOS akan berubah menjadi gelap, mulai dari dock, task bar, hingga chrome di bagian aplikasi.

Fitur Dark Mode sangat berguna untuk memberikan kenyaman pengguna ketika melakukan kegiatan komputasi di malam hari. Selain itu, Apple pun juga memperbarui tampilan Mac App Store sehingga terlihat lebih segar dan makin memudah mengekplorasi aplikasi.