Find Us On Social Media :

Kalahkan Intel, Prosesor AMD CPU Ryzen Threadripper 2 Punya 32 Core

By Adam Rizal, Minggu, 10 Juni 2018 | 12:00 WIB

Ilustrasi AMD Threadripper 2

AMD resmi meluncurkan prosesor terbarunya AMD Threadripper 2 atau Threadripper 2000-series yang menawarkan jumlah core sebanyak 32 unit.

AMD Threadripper 2 akan bersaing dengan Intel yang mengusung kekuatan 28 core.

Umumnya, prosesor AMD Threadripper memiliki 8 core (inti) pemrosesan, maka dengan 2 inti aktif dan 2 inti non-aktif menghasilkan hitungan 16 core dan 24 threads.

Sedangkan, AMD Threadripper 2 memiliki empat inti core yang aktif dan dapat meningkatkan hitungan core menjadi 32 unit dan 64 threads.

Threadripper 2 dapat menangani 64 pemrosesan dalam satu waktu dan kekuatannya dua kali lipat lebih tinggi daripada Threadripper yang hadir pada 2017 seperti dikutip Ars Technica.

AMD akan memproduksi prosesor Threadripper 2 dengan arsitektur Zen+ dan proses manufaktur 12 nanometer.

Teknologi pemrosesan itu akan membuat konsumsi Threadripper 2 lebih hemat daripada prosesor Zen yang memakai proses manufaktur 14 nanometer.

Ilustrasi AMD Threadripper 2

AMD telah memamerkan dua unit contoh Threadripper 2 yang memiliki clock 3 GHz dalam ajang Computex 2018 di Taiwan yaitu prosesor 32 core/64 threadds dan kedua prosesor 24 core/48 threads.

AMD Threadripper 2 memiliki kekuatan 5GHz dengan sistem pendingin cair yang besar. AMD Threadripper 2 memiliki empat silikon aktif Zen+ yang terhubung melalui AMD Infinity Fabric.

Komponen itu merupakan bagian dari generasi kedua Ryzen, yang dibangun dengan kecepatan clock yang lebih cepat, pengurangan latensi memori, dan sebagainya.

AMD sendiri belum meluncurkan spesifikasi final Threadripper 2. Rencananya, AMD akan mulai mengapalkan prosesor Threadripper 2 pada kuartal ketiga 2018 ini.