Find Us On Social Media :

Instagram akan Luncurkan Fitur Video Berdurasi Panjang hingga 1 Jam

By Adam Rizal, Minggu, 10 Juni 2018 | 16:30 WIB

Ilustrasi video pada Instagram

Instagram akan meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna dan pembuat konten mengunggah video-video baru berberdurasi lebih panjang. Jika sebelumnya video dibatasi 15 detik dan 1 menit, nantinya pengguna dapat mengunggah video hingga 60 menit.

Fitur yang akan hadir pada 20 Juni 2018 itu membuat Instagram berhadapan langsung dengan YouTube dan Discover Snapchat yang fokus kepada konten video asli.

Fitur video berdurasi panjang itu akan memiliki fitur scripted shows, video musik, dan masih banyak lagi dalam orientasi vertikal, layar penuh, dan resolusi high-definition 4K.

Nantinya, para pengembang konten hanya dapat mengunggah video yang telah dipersiapkan; tidak lagi shoot and post seperti postingan Instagram saat ini.

Instagram pun telah bertemu dengan bintang media sosial dan kreator konten untuk mengetahui cara kerja kanal video mereka yang terintegrasi dengan aplikasi Instagram. Seperti diungkap Tech Crunch, Fitur itu diharapkan para pembuat konten dapat  menghasilkan uang melalui iklan. Akan tetapi, Instagram belum mengungkapkan metode penempatan iklannya atau pembagian pendapatannya.

Setiap video yang berdurasi panjang itu dapat menyertakan fitur swipe-up pada Instagram Stories yang memungkinkan para pengguna untuk mengarah ke situs web atau toko online dengan beberapa pilihan.

Belum jelas apakah Instagram akan membuat tab khusus untuk video mengingat penambahan fitur yang cukup signifikan.

Dengan basis pengguna Instagram yang mencapai 800 juta penguna dan Instagram Stories sebanyak 300 juta, maka fitur itu akan menjadi alat marketing yang sangat berguna bagi kreator konten.

Fitur Video Call dan AR

Instagram juga telah menghadirkan fitur video call yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dalam kelompok kecil dan meminimalisasi layar video selama ngobrol. Cara kerjanya, pengguna hanya perlu mengetuk ikon kamera di atas Direct Message antara kamu dengan pengguna yang akan ditelepon via video.

Instagram belum mengungkapkan berapa banyak pengguna yang bisa berpartisipasi menggunakan fitur tersebut.

Untuk membuat sebuah grup obrolan atau thread direct message di Instagram, pengguna hanya perlu mengetuk pada ikon pesawat kertas di sudut kanan atas feed lalu ketuk ikon tambah (+).