Find Us On Social Media :

3 Teknologi Tersembunyi Dibalik Kesuksesan Piala Dunia 2018 Rusia

By Adam Rizal, Selasa, 19 Juni 2018 | 17:30 WIB

Ilustrasi 2018 FIFA World Cup Russia

Badan Sepak Bola Dunia FIFA mengusung 3 teknologi canggih untuk menghasilkan pertandingan sepak bola yang adil dan sportif dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.

Divisi FIFA Football Technology Innovation pun telah mengimplementasikan ketiga teknologi itu di setiap stadion Rusia yang akan dipergunakan untuk Piala Dunia 2018.

3 Teknologi itu akan sangat membantu wasit untuk memberikan informasi yang berharga memimpin 64 pertandingan selama Piala Dunia 2018.

Berikut 3 Teknologi FIFA di Piala Dunia 2018 seperti dikutip laman resmi FIFA :

1. Teknologi Garis Gawang

Ilustrasi Teknologi Garis Gawang

Pada Piala Dunia 2014 Brasil, Penyerang tim nasional Perancis Karim Benzeme menjadi pemain pertama yang mendapatkan keuntungan dari penggunaan teknologi garis gawang karena sundulannya yang sukses melewati gawang Honduras beberapa detik. Teknologi itu sangat membantu wasit untuk mensahkan terjadinya gol.

Dalam ajang Piala Dunia 2018, FIFA pun memasang teknologi yang sama di setiap gawang di seluruh stadion penyelenggara Piala Dunia 2018 di Rusia untuk memantau pergerakan bola yang masuk ke dalam gawang.

Teknologi garis gawang itu mengusung 14 kamera berkecepatan tinggi yang dapat mengirimkan sinyal dan informasi ke wasit bahwa bola sudah masuk ke dalam gawang dalam hitungan satu detik.

2. Teknologi VAR

Ilustrasi teknologi VAR

FIFA mulai menerapkan teknologi VAR (Video Assistant Referee) yang membantu wasit untuk memutuskan keputusan yang adil dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.