Find Us On Social Media :

Samsung Galaxy Note 8: Perbaikan serta Penambahan Fitur Unggulan

By Dayu Akbar, Rabu, 20 Juni 2018 | 12:58 WIB

Merupakan jajaran paling anyar dari seri Note, Galaxy Note 8 bisa jadi pertaruhan Samsung dalam “menebus dosa” terhadap kegagalan Galaxy Note 7 yang sempat ditarik peredarannya. Apa yang coba ditawarkan Samsung Galaxy Note 8 ini? Jawabnya: banyak.

Di antaranya desain layar infinity display dengan konsep bezel-less berbalut Corning Gorilla Glass 5. Hal ini tidak hanya membuatnya terlihat premium dan keren tetapi juga mampu melindungi dari goresan. Nilai jual dari sisi fisik juga terlihat dari bentuknya yang memanjang, mengikuti ukuran layar 6,3 inci yang memiliki aspect ratio 18,5:9 dengan resolusi QHD+.

Seperti layaknya seri Note, S-Pen menjadi salah satu fitur andalan yang makin menarik. S-Pen sendiri diselipkan di sisi kanan dan memiliki bentuk yang bisa dimasukkan dengan mudah tanpa khawatir terbalik. Kemampuannya sudah ditingkatkan dan mampu melakukan hal-hal yang makin memudahkan. Contohnya, pengguna bisa menggunakannya melalui aplikasi apapun. Bahkan saat layar dalam kondisi terkunci, pengguna masih bisa meninggalkan coretan atau mencatat sesuatu.

Tingkat akursi serta sensitivitasnya juga makin ditingkatkan dengan adanya sensor yang akan mendeteksi tekanan. Tiap tekanan yang berbeda akan menghasilkan tingkat ketebalan goresan yang berbeda. Ini tentu saja berlaku dan berguna saat hendak digunakan untuk menggambar.

Galaxy Note 8 menyertakan dua kamera utama 12 MP, satu untuk wide dan satu lagi untuk tele. Masing-masing dengan aperture f/1,7 dan f/2,4. Smartphone ini mampu menghasilkan detail foto serta kontras objek yang baik, bahkan dalam kondisi cahaya minim dengan tingkat noise yang rendah. Dua kamera tersebut juga mampu menghasilkan bokeh yang bagus. Untuk kamera depan, hasil selfie juga cukup baik meski dalam kondisi cahaya minim.

Sementara dari sisi keamanan, Galaxy Note 8 menawarkan perlindungan berlapis dengan adanya pilihan Smart Lock, Secure Lock, serta Samsung Pass. Ini masih ditambah dengan tiga sensor keamanan berupa sensor sidik jari, Face Recognition, serta Iris.

Mengusung spesifikasi yang digunakan, kinerja yang ditawarkannya terbilang impresif. Skor AnTuTu di atas 100 ribu, bahkan pada pengujian 3DMark skor tidak bisa ditampilkan karena nilai yang sangat tinggi. Dengan hasil ini tentu aja Galaxy Note 8 mampu melahap segala jenis aplikasi yang ada di Play Store dengan lancar. Ditopang dengan memori utama 6 GB dan media simpan 64 GB, urusan multitasking maupun memasang aplikasi dengan ukuran besar, juga tidak terlalu masalah. Apalagi dengan tersedianya selot micro-SD, bisa menjadi solusi jika kebutuhan media simpan masih dirasa kurang.

Baterai dengan kapasitas 3.300 mAh bisa dibilang tidak terlalu besar. Samsung tampaknya sengaja memilihnya untuk menjaga agar fisik smartphone ini tetap ramping. Namun dengan kapasitas tersebut, daya tahan baterainya terbilang baik. Meski memiliki layar besar yang cenderung boros penggunaan daya, Galaxy Note 8 ternyata mampu bertahan sampai 5 jam 41 menit melalui pengujian PCMark.

Posisi sensor sidik jari yang terlalu berdekatan dengan kamera utama terkadang membuat salah menempatkan jari ketika hendak menggunakannya.

Tersedia fitur Air Command yang secara default menampilkan enam aplikasi pendukung. Namun Anda bisa menambahkannya sampai sepuluh aplikasi.

Hasil uji

AnTuTu Benchmark 6.2.7 - Score 107315
PCMark for Android 2.0.3715 - Work 2.0 Performance Score 5354
PCMark for Android 2.0.3715 - Work 2.0 battery life 5 jam 41 menit
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm Max
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm Extreme Max
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm Unlimited 29821
GeekBench 4 - Single Core 2003
GeekBench 4 - Multi Core 6430

Kesimpulan