Find Us On Social Media :

Facebook akan Tarik Bayaran Bulanan ke Anggota Grup, Berapa Biayanya?

By Adam Rizal, Sabtu, 23 Juni 2018 | 15:00 WIB

Ilustrasi Facebook Group

Facebook akan membuat fitur terbaru Grup Berlangganan yang mewajibkan admin grup Facebook menagih biaya bulanan kepada anggotanya yang akan bergabung ke beberapa Grup Facebook.

Admin Grup Facebook dapat menagih biaya langganan keanggotaan pengguna setiap bulannya.

Rencanya, Facebook akan mengenakan biaya bulanan 4,99-29,99 dolar AS untuk keanggotaan eksklusif di grup tertentu, menurut pengumuman terbaru di blog resmi mereka.

Facebook pun akan menguji coba fitur baru itu untuk sejumlah Grup kecil. Jika terbukti berhasil, Facebook baru menggulirkan fitur itu untuk siapa saja yang menjalankan Grup di Facebook.

Alex Deve (Product Management Director Facebook) mengatakan saat ini ada banyak admin Grup yang membuat Grup khusus pelanggan tambahan dan menggunkan alat tambahan untuk melacak dan mengumpulkan pembayaran. Karena itu, Facebook menghadirkan Grup Berlangganan atau Subscription Groups untuk mengumpulkan pembayaran Grup secara langsung melalui Facebook.

"Kami mendengar masukan dari admin Grup bahwa mereka mencari uang untuk memperdalam keterlibatan dengan anggota mereka dan terus mendukung komunitas mereka," katanya seperti dikutip The Sun.

Anda dapat mendaftar ke Grup dan mengelola para pelanggan anda langsung melalui aplikasi Facebook di iOS dan ponsel Android.

Facebook mengatakan salah satu mitra peluncuran untuk Grup Berlangganan ini adalah Sarah Mueller.

Sarah Mueller telah menguji coba fitur Grup Berlangganan dengan membuat Grup bernama Declutter My Home yang "menginspirasi dan memotivasi" orang untuk merapikan rumah atau apartemen mereka.

Ia membuat Grup Langganan terpisah yang diberi nama Organise My Home yang akan memberi mereka akses ke tutorial, video langsung, dan lainnya.

Sarah memungut USD14,99 perbulan untuk dapat bergabung dengan grup, yang sekitar £ 11,50 di Inggris.

"Declutter My Home memotivasi saya untuk membantu orang lain agar mau membersihkan rumah mereka dan menciptakan ruang yang aman," kata Sarah.