Find Us On Social Media :

Spotify Luncurkan Aplikasi Spotify Versi Lite, Memorinya Hanya 15 MB

By Adam Rizal, Selasa, 3 Juli 2018 | 10:00 WIB

Ilustrasi Spotify versi Lite

Spotify sedang menguji coba aplikasinya versi sederhana atau Lite untuk mendukung perangkat kelas menengah dengan memori dan internet terbatas.

Sebelumnya, banyak perusahaan teknologi yang menggulirkan aplikasi Lite seperti Facebook, Google, Instagram, Skype dan Twitter.

Spotify Lite memiliki tampilan yang sama seperti versi reguler tetapi kapasitas aplikasinya hanya 15 MB, jauh lebih kecil dari aplikasi Spotify ver standar yang mencapai 100 MB. Hal itu sangat membantu dan menghemat storage smartphone pengguna.

Tentunya, Spotify memangkas sejumlah fitur-fitur pada aplikasi Lite seperti Spotify meniadakan fitur offline sehingga pengguna harus mendengarkan lagu dengan jaringan Internet dan Spotify meniadakan audio berkualitas tinggi dalam aplikasi tersebut.

Selain itu, Spotify juga meniadakan fitur Spotify Connect yang memungkinkan pengguna menyambungkan akses dari smartphone ke laptop atau speaker, sehingga lebih fleksibel

Spotify versi Lite pun hanya dapat memutar lagu secara acak seperti dikutip Ubergizmo.

Spotify Lite saat ini baru tersedia secara beta di beberapa negara. Mengingat Spotify Lite masih dalam tahap beta, ada kemungkinan perusahaan melakukan sejumlah perubahan menunggu umpan balik dari pengguna.

Instagram Lite

Selain Spotify, Instagram juga baru-baru ini meluncurkan Instagram Lite atau versi ringan untuk pengguna smartphone berbasis Android di Meksiko, menyusul aplikasi-aplikasi lainnya yang sudah terlebih dahulu memiliki aplikasi serupa.

Keunggulannya, Instagram Lite tidak mengambil memori smartphone dalam jumlah besar dan lebih sedikit menghabiskan kuota Internet, mengingat aplikasi Instagram sangat boros mengonsumsi data Internet.

Sebagai perbandingan, Instagram Lite hanya berukuran 573 KB dan Instagram versi standar berukuran 32 MB.

"Aplikasi Instagram Lite kecil, memungkinkan Anda untuk menghemat memori ponsel Anda dan mengunduhnya dengan cepat. Dengan ukuran 573KB, Instagram Lite memakan ruang 1/55 dari aplikasi Instagram utama, yang membutuhkan 32MB," tulis Instagram dalam lamannya seperti dikutip The Verge.