Find Us On Social Media :

Inilah 5 Aplikasi untuk Potret Pemandangan melalui Smartphone

By Adam Rizal, Jumat, 13 Juli 2018 | 11:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi Pemandangan

Fotografi landscape (pemandangan) bisa dibilang salah satu genre yang cukup rumit. Apalagi genre ini menuntut pelakunya untuk keluar ke alam terbuka di tengah kondisi alam yang sering berubah, baik dari masalah cuaca hingga soal posisi matahari yang menentukan pencahayaan suatu lokasi.

Sebagai antisipasi hal itu, Anda bisa melakukan perencanaan yang matang dan rinci. Perencanaan ini pun bisa dibuat dengan mudah. Setidaknya Anda bisa melakukannya dengan hanya bermodal smartphone serta aplikasi-aplikasi tertentu.

Ada lima aplikasi yang kami sarankan untuk dipasang di smartphone sebagai alat bantu perencanaan sesi fotografi landscape. Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Rabu (11/7/2018).

Berikut 5 aplikasi tersebut:

1. Photo Pills

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang terlengkap untuk memenuhi kebutuhan perencanaan fotografi landscape.

Informasi yang disajikannya lengkap, misalnya soal posisi matahari dan bulan di waktu-waktu tertentu dan fitur augmented reality (AR) untuk melihat posisi benda-benda langit.

Selain itu, PhotoPills juga bisa membantu memperhitungkan eksposur, depth of field, serta memperhitungkan parameter yang diperlukan untuk membuat foto time-lapse. Semua rencana yang sudah Anda buat di PhotoPills pun bisa disimpan atau dibagikan ke orang lain.

Ditambah lagi aplikasi ini tersedia baik di Android maupun iOS. Hanya saja Anda harus mengeluarkan modal untuk memakainya. Pengguna mesti merogoh kocek senilai Rp 149.000 agar bisa mengunduh aplikasi ini ke smartphone-nya.

2. Weather & Radar

Aplikasi prakiraan cuaca diperlukan untuk mengetahui apakah lokasi pemotretan kemungkinan hujan, angin, kecerahan, durasi, berapa suhu dan peringatan apa yang ada di sana.

Nah, salah satu aplikasi yang bakal membantu mengetahui informasi tersebut adalah Weather & Radar ini.