Find Us On Social Media :

Synology DS418: Empat Bay untuk Penggunaan Bisnis Maupun di Rumah

By Dayu Akbar, Sabtu, 14 Juli 2018 | 06:00 WIB

Dok. Synology

Dengan kapasitas maksimal sampai empat unit hard disk maupun SSD, Synology DS418 diposisikan sebagai sebuah perangkat NAS (network attached storage) untuk kebutuhan di rumah maupun kantor skala kecil. NAS ini menggunakan prosesor quad core 1,4 GHz serta memori utama DDR4 berkapasitas 2 GB untuk mengolah lalu lintas data serta berbagai fungsi yang ada di dalamnya.

Akses untuk memasang media simpan berada di bagian depan. Pemasangan media simpan pun sangat mudah karena setiap ruangnya telah menggunakan sistem toolless sehingga Anda tidak memerlukan perangkat tambahan lagi. Di setiap bay media simpannya pun telah terdapat pengunci tambahan untuk memberikan pengamanan tambahan dari akses orang yang tidak berkepentingan.

Mendukung 4 unit media simpan, Synology DS418 memiliki dukungan kapasitas maksimal saat ini sampai 48 TB. Kapasitas maksimal yang didukung untuk sebuah volume sendiri sebesar 108 TB. Dukungan RAID-nya terbilang lengkap mulai dari JBOD, RAID 0, RAID 1, RAID 5, RAID 6, RAID 10, serta konfigurasi RAID dari Synology sendiri yang disebut SHR (Synology Hybrid RAID).

Synology DS418 memiliki bentuk yang cukup besar, tapi masih terbilang kompak untuk diletakkan di atas meja kerja Anda. NAS ini menyediakan 1 port USB 3.0 di bagian depan dan 1 port USB 3.0 lagi di bagian belakang. Selain itu tersedia juga dua port LAN gigabit di bagian belakang yang juga mendukung link aggregation. Dukungan dua port LAN juga menunjukkan bahwa perangkat ini bisa digunakan untuk skala jaringan yang lebih besar untuk kantor skala menengah.

Selain fungsi utamanya sebagai sebuah alat penyimpanan berkapasitas besar di jaringan, Synology DS418 juga menawarkan berbagai fungsi lain. Sistem operasi DiskStation Manager atau DSM yang juga menjadi antarmuka webnya terbilang mudah digunakan karena memiliki tampilan seperti sistem operasi pada umumnya.

Pada DSM ini, Synology menyediakan berbagai aplikasi tambahan yang tersedia melalui menu Package Center. Anda dapat menambahkan fungsi-fungsi tambahan seperti backup otomatis, download manager, sampai fitur-fitur multimedia seperti album foto dan media server. Namun meskipun mendukung fungsi sebagai media server, Anda tak dapat menghubungkannya langsung ke televisi atau displai lain karena NAS ini tidak memiliki port HDMI.

Anda dapat melakukan instalasi langsung melalui Package Center atau mengunduh package-nya secara terpisah melalui situs Synology dan melakukan instalasi secara manual. Synology juga menyediakan banyak aplikasi mobile yang tersedia di Android dan iOS untuk memudahkan Anda mengakses file yang tersimpan pada NAS ini.

Soal kinerjanya, Synology DS418 tergolong baik dan konsisten. Saat proses pengujian kami menggunakan 4 unit hard disk berkapasitas masing-masing 10 TB. Proses konfigurasi RAID berjalan cukup cepat, kecuali saat sinkronisasi awal RAID 5 yang memakan waktu hampir 24 jam. Selama pengujian pun, NAS ini tetap dingin dan tidak mengeluarkan suara yang terlalu bising, kecuali suara dari getaran hard disk saat sedang bekerja. Hasil pengujian selengkapnya bisa Anda lihat pada tabel.

Synology DS418 memiliki empat bay media simpan dengan dukungan kapasitas sampai 48 TB.

Sistem operasi DiskStation Manager (DSM) tampil sederhana dan mudah digunakan.

Hasil uji

NAS Performance Toolkit