Find Us On Social Media :

Ketika Berhenti Berinovasi, Dominasi Intel pun Terancam Runtuh

By Wisnu Nugroho, Kamis, 19 Juli 2018 | 09:31 WIB

Drama terjadi kepada Intel pada pagelaran Computex 2018 di Taiwan, awal Juni lalu. Intel, yang mendapat slot keynote di hari pertama, menunjukkan prosesor Intel dengan 28 core dan berkecepatan 5GHz. Momen ini sekaligus menandai 40 tahun kiprah prosesor Intel di dunia personal computer.

Akan tetapi, momen bersejarah tersebut tak lama berubah menjadi malapetaka. Pasalnya belakangan diketahui, prosesor tersebut beroperasi menggunakan pendingin water chiller Hailea HC-1000B yang biasanya digunakan untuk mendinginkan akuarium. Yang lebih tragis, AMD yang mengisi slot keynote di hari berikutnya, menunjukkan prosesor Threadripper 2 yang memiliki 32 core berkecepatan 3GHz dan cukup menggunakan air-cooling

Muncul rumor, Intel mengumumkan prosesor 28 core-nya lebih untuk mengalihkan perhatian dari prosesor baru AMD. Namun Intel sepertinya tidak menyangka AMD akan menunjukkan prosesor dengan 32 core. Sesaat setelah pengumuman AMD, Intel buru-buru mengambil prosesor 28 core-nya dari booth pameran.

Drama ini sedikit banyak bisa menggambarkan masalah besar yang dihadapi Intel saat ini. Setelah mendominasi pasar prosesor selama puluhan tahun, kini Intel harus menghadapi resiko disusul pesaing utamanya.

Beginilah perbandingan cooler yang digunakan Intel dan AMD pada pagelaran Computex 2018 kemarin. Int

Dominasi Panjang

Mirip seperti Microsoft, kisah sukses Intel berawal dari kesuksesan IBM PC di era 80an. Kala itu, IBM yang ingin menjual PC sebanyak-banyaknya, melakukan strategi outsourcing. Sistem operasi diserahkan ke Microsoft, sementara prosesor ke Intel. Kerjasama ini kemudian membentuk ekosistem yang mendominasi selama lebih dari 35 tahun: DOS/Windows milik Microsoft dioptimasi di atas prosesor Intel x86, prosesor x86 pun dioptimasi untuk DOS/Windows.

Namun DOS/Windows adalah software yang relatif mudah digandakan. Sementara Intel harus membuat hardware yang melibatkan proses manufaktur yang rumit. Agar tidak tergantung terhadap satu supplier, IBM meminta Intel memberikan lisensi ke pihak lain. Intel pun menggandeng AMD, yang mendapatkan lisensi untuk memproduksi desain chip 8086, 8088, dan 80286 yang menjadi dasar pengembangan prosesor x86 ke depan.

Sejak saat itu, Intel dan AMD pun menjadi duo yang mendominasi segmen prosesor PC. Namun jika keduanya dibandingkan, Intel praktis jauh di atas AMD karena memiliki keunggulan teknologi dan produksi. Apalagi Intel mengambil strategi integrasi fabrikasi: mulai dari desain, manufaktur, dan pemasaran dilakukan sendiri.

Awalnya, AMD juga melakukan hal yang sama. Namun sejak tahun 2009, AMD memutuskan untuk menjadi fabless alias hanya mendesain prosesor tanpa memiliki pabrik. Untuk mentranslasikan desain menjadi produk prosesor, AMD menyerahkannya kepada TSMC dan Global Foundaries, dua perusahaan khusus fabrikasi prosesor.

Menjadi perusahaan fabless memang memiliki plus-minus tersendiri. Salah satu keuntungannya adalah AMD tidak perlu mengeluarkan anggaran membuat pabrik yang bisa mencapai US$10 milyar. Akan tetapi, menjadi fabless juga berarti menggantungkan nasib ke pihak lain. Secanggih apapun desain prosesor yang dihasilkan AMD, tidak akan berguna jika mitra fabrikasi tidak memiliki teknologi yang memadai.

Hal inilah yang tidak harus dihadapi Intel. Karena memiliki pabrik sendiri, mereka bisa mengintegrasikan desain dan fabrikasi dengan lebih mudah. Dengan kata lain, nasib berada di tangan Intel sendiri.