Find Us On Social Media :

Bingung Cari Biaya Kuliah?, 3 Fintech ini Bisa Bantu Biaya Kuliah Anda

By Adam Rizal, Sabtu, 21 Juli 2018 | 17:30 WIB

ilustrasi biaya kuliah

Para orang tua harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menguliahkan buah hatinya ke bangku kuliah. Sayangnya, tidak semua orang tua dan mahasiswa memiliki dana tunai untuk menguliahkan anaknya.

Solusinya, orang tua bisa memanfaatkan dana pinjaman pendidikan atau student loan dari lembaga pembiayaan termasuk bank dan fintech.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta perbankan menyediakan model kredit atau pinjaman kepada siswa/mahasiswa kurang mampu. Model kredit ini dikenal dengan sebutan student loan.

Di Indonesia, ada tiga perusahaan start up yang memberanikan diri terjun pada praktek student loan. Ketiganya menawarkan biaya pendidikan perguruan tinggi sesuai dengan besaran yang berbeda-beda sesuai dengan jenis pendidikan.

1. Dana Cita

Dana Cita merupakan salah satu perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman untuk mahasiswa jenjang diploma, sarjana, magister, dan kursus non gelar. Dana Cita memberikan solusi pendidikan bagi mahasiswa di 27 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta diantaranya Ul, ITB, IPB, PNJ, dan STMIK.

Co-Founder Dana Cita Susli Lie mengatakan Dana Cita fokus terhadap pendidikan tinggi bagi semua orang melalui pinjaman terjangkau. Bahkan, Dana Cita akan memberikan fasilitas pembiayaan hingga 100 persen dari biaya kuliah.

"Dengan jangka waktu pinjaman hingga enam tahun dan pembayaran bulanan yang ringan," kata Susli.

Pengalaman Susli dalam memimpin proyek pembiayaan pendidikan di negara berkembang bagi Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia, telah menginspirasi dirinya dan juga rekannya untuk membuat produk yang mampu memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi siswa Indonesia.

"Dana Cita melihat peluang untuk melengkapi dan juga berkolaborasi dengan perbankan untuk dapat memberikan solusi pembiayaan pendidikan yang terjangkau bagi siswa di seluruh Indonesia," imbuhnya.

2. DANAdidik.com

DANAdidik.com menjadi salah satu platform yang memberikan fasilitas student loan kepada mahasiswa dengan system crowdfunding. Co-Founder Danadidik Dipo Satria Ramli mengungkapkan produk student loan itu menjadi investasi di bidang pendidikan yang memiliki dampak sosial.