Find Us On Social Media :

Telkomsel akan Uji Coba Mobil Tanpa Sopir di Asian Games 2018

By Adam Rizal, Senin, 23 Juli 2018 | 15:00 WIB

Ilustrasi mobil tanpa sopir

Indonesia akan menggelar pesta akbar olah raga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September depan.

Pemerintah melaluki Kementerian Komunikasi dan Informartika (Kemkominfo) sudah menjamin kesiapan jaringan telekomunikasi 5G selama ajang tersebut.

Bahkan, pemerintah menggandeng operator telekomunikasi Telkomsel akan menggelar uji coba mobil tanpa sopir dengan jaringan 5G di area Gelora Bung Karno (GBK) dalam ajang Asian Games 2018.

"Rencananya akan diuji coba saat Asian Games, seperti untuk autonomous car atau kendaraan tanpa sopir, dan juga pada saat pertandingan," kata Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika)

Dalam uji coba tersebut, Rudiantara mengatakan operator akan mendemokan bagaimana mobil tanpa sopir berkeliling dengan memanfaatkan jaringan 5G.

Selain Telkomsel, ia mengatakan XL dan Pemda Jakarta juga mengajukan uji coba 5G pada Agustus 2018.

"Uji coba 5G di Asian Games ini dilakukan oleh Telkomsel. Operator seluler yang lain juga mulai melakukan uji coba, tapi bukan untuk Asian Games," paparnya.

Rudiantara menuturkan frekuensi 5G tidak akan terlalu besar, kisaran pada 3 GB tetapi ada kemungkinan untuk dibuka pada 8 GB. "Kan namanya juga uji coba, enggak apa-apa lah," ucapnya.

Rudiantara menjelaskan tujuan uji coba mobil tanpa sopir itu untuk melihat kesiapan jaringan 5G pada masalah teknis dan semua kelengkapan dari perangkat hingga aplikasi akan dilihat pada pengujian tersebut.

WiFi Kencang Gratis

Menkominfo juga menjanjikan pemerintah telah melakukan banyak persiapan jelang Asian Games 2018 yang akan berpusat di Jakarta dan Palembang, termasuk dari sisi infrastruktur telekomunikasi.

Saat ini dari segi aplikasi telah berjalan. Data registrasi yang dilakukan para peserta, baik atlet maupun official, dari berbagai negara lewat aplikasi tersebut sudah banyak masuk.