Find Us On Social Media :

Sony Luncurkan Sensor Kamera Smartphone IMX586, Punya 48 Megapixel

By Adam Rizal, Rabu, 25 Juli 2018 | 12:00 WIB

Sensor Kamera Sony IMX586

Perlombaan megapiksel agaknya masih belum usai di ranah smartphone. Sony, pabrikan sensor kamera terbesar, pekan ini baru saja memperkenalkan sensor kamera baru dengan resolusi mencapai 48 megapiksel (8.000 x 6.000, aspect ratio 4:3).

Sensor bernama IMX586 tersebut diklaim memiliki "jumlah pixel terbanyak", bahkan mengalahkan resolusi sensor kamera mirrorless full-frame A7R Mark III bikinan Sony sendiri yang sebesar 42 megapiksel.

Namun, karena dimaksudkan untuk smartphone, ukuran fisik dan tiap fotodioda (pixel) pada IMX586 jauh lebih kecil dibandingkan sensor kelas DSLR atau mirrorless. Tiap fotodioda berukuran 0,8 mikron sehingga ke-48 juta pixel itu bisa dimampatkan dalam sensor berukuran 1/2 inci (diagonal 8mm).

Seperti tampak dalam ilustrasi gambar di bawah, IMX586 diklaim sanggup menangkap gambar lebih tajam dibandingkan sensor kamera smartphone konvensional beresolusi 12 megapiksel.

Perbandingan ketajaman sensor kamera smartphone 48 megapiksel Sony IMX586 dibandingkan sensor 12 megapiksel konvensional.

Resolusi tinggi dan ukuran pixel nan mungil biasanya identik dengan hasil jepretan low-light yang buruk karena tiap fotodioda hanya memiliki area kecil untuk menangkap cahaya.

Namun, seperti dirangkum Engadget, Selasa, Sony turut mengklaim bahwa IMX586 mampu menghasilkan foto bagus dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Ini karena sang sensor menggunakan filter warna Quad Bayer yang bisa menggabungkan empat piksel mejadi satu.

Resolusinya akan diturunkan menjadi 12 megapiksel (48 dibagi 4), tapi jepretan low-light IMX586 disebut bakal "terang dan dengan sedikit noise". Mirip sensor kamera di Huawei P20 Pro Lewat teknik Quad Bayer ukuran efektif tiap pixel di IMX586 juga meningkat jadi 1,6 mikron, lebih besar dari ukuran pixel di sensor kamera Google Pixel 2 XL yang sebesar 1,4 mikron.

Quad Bayer array bisa dibilang mirip dengan teknologi Pixel Fusion di smartphone P20 Pro besutan Huawei, yang juga memiliki sensor dengan resolusi tinggi sebesar 40 megapiksel.

Close up ketiga kamera di punggung Huawei P20 Pro. Di sisi tengah adalah kamera utama dengan resolusi 40 megapiksel (quad bayer array, resolusi normal 10 megapiksel) berlensa 27mm f/1.8.

Di sisi kanan adalah kamera telephoto 8 mgepiksel berlensa 80mm f/2.4 OIS. Sementara, di sisi kiri yang berdiri sendiri adalah kamera monokrom 20 megapiksel berlensa 27mm f/1.6.

Hanya kamera telephoto yang dilengkapi peredam goyangan (OIS), tapi Huawei menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meredam goyangan di sejumlah mode foto kamera utama.