Find Us On Social Media :

Samsung Galaxy A8 (2018): Kelas Menengah dengan Citarasa Flagship

By Dayu Akbar, Jumat, 27 Juli 2018 | 07:54 WIB

Samsung Galaxy seri A merupakan smartphone yang menyasar pengguna kelas menengah dan berada di antara seri J (terendah) dan seri S (tertinggi). Cenderung lebih dekat ke seri S, tidak heran jika seri ini menyematkan beberapa fitur yang ada di flagship tersebut.

Misalnya, dari sisi desain, terlihat tampilan Samsung Galaxy A8 (2018) premium ala smartphone Samsung Galaxy S. Sisi depan dan belakang berlapis kaca dengan rangka alumunium. Hal ini membuat antara kedua sisi tersebut nyaris tidak terlihat perbedaannya (khususnya varian yang berwarna hitam). Fisiknya ergonomis dan nyaman digenggam serta dioperasikan menggunakan satu tangan. Apalagi ditunjang dengan build quality yang oke serta bobot yang agak berat sehingga memberi kesan kokoh seperti flagship Samsung seri S.

Samsung Galaxy A8 juga mengusung konsep infinity display dengan aspect ratio 18,5:9, mirip dengan Samsung Galaxy S9. Meski mampu menampilkan tampilan yang lebih lebar, aspect ratio tersebut terkadang membuat tampilan beberapa aplikasi atau game lawas tidak penuh dan menampilkan bar hitam di kedua sisinya. Untungnya, smartphone ini menyediakan pengaturan agar aplikasi yang belum mendukung rasio tersebut mendapatkan tampilan penuh.

Kamera menjadi andalan utama di Samsung Galaxy A8. Terdapat dua kamera depan yang masing-masing memiliki resolusi 16 MP dan 8 MP. Kamera ini berguna untuk menangkap foto dengan menyertakan bokeh. Pengaturan bokeh bisa diperoleh dengan mengaktifkan fitur Live Focus pada aplikasi kamera. Disediakan pula pengaturan agar Anda bisa mengatur tingkat keburaman latar. Menariknya lagi, hal ini tetap bisa dilakukan meski hasil foto telah tersimpan di Gallery. Untuk hasilnya, efek yang dihasilkan terlihat halus dan merata.

Untuk kamera utama, Samsung mengandalkan resolusi 16 MP dengan aperture f/1,7 dan fokus otomatis. Kamera itu mampu menghasilkan foto yang cukup tajam. Dalam kondisi low light hasilnya juga tidak terlalu jelek. Ada dua kekurangan dari kamera utama ini yaitu rekaman video yang hanya sampai resolusi 1080p dan tidak adanya fitur OIS (optical image stabilizer). Untuk resolusi video, kami menilai dengan harga kisaran yang terbilang tinggi, kompetitor sudah banyak yang mendukung sampai resolusi 2160p, sedangkan ketiadaan OIS membuat hasil foto mudah buram saat tangan bergoyang atau terkena guncangan.

Samsung Galaxy A8 juga telah lulus sertifikasi IP68. Akibatnya debu sulit untuk masuk ke dalam perangkat serta tahan terhadap air sampai kondisi terendam air tawar dengan kedalaman maksimal 1,5 meter selama 30 menit. Anda bisa lebih tenang membawa smartphone ini ke berbagai tempat dengan kondisi yang berdebu maupun basah.

Sebagai penopang kinerja, digunakan SoC Exynos 7885 (octa core) ditandem dengan memori utama 4 GB dan media simpan 32 GB. Saat pengujian, ternyata kinerjanya tidak kalah dengan Exynos 8895 yang digunakan Galaxy Note 8 dengan skor AnTuTu Benchmark berada di atas seratus ribu. Bermain game juga sudah cukup ideal. Pada pengujian 3DMark Android Edition beberapa hasilnya menunjukkan Max.

Selain kedua kamera memiliki aperture besar, telah pula diadopsi teknologi TetraCell yang semuanya cukup membantu mengambil gambar dalam kondisi low light.

Untuk mendapatkan bokeh, aplikasi menyediakan pilihan Live Focus. Menariknya, Anda masih bisa mengatur tingkat bokeh meski foto telah tersimpan.

Hasil uji

AnTuTu Benchmark 6.2.7 - Score 116440
PCMark for Android 2.0.3715 - Work 2.0 Performance Score 5248
PCMark for Android 2.0.3715 - Work 2.0 battery life 6 jam 51 menit
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm Max
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Ice Storm Extreme Max
3DMark Android Edition 1.7.3516 - Unlimited 14696
GeekBench 4 - Single Core 1525
GeekBench 4 - Multi Core 4406

Kesimpulan