Find Us On Social Media :

Vivo V9 6GB: Chipset Lebih Tangguh, RAM Besar, Kamera Diturunkan

By Dayu Akbar, Rabu, 1 Agustus 2018 | 13:53 WIB

Vivo melakukan pembaruan terhadap salah satu varian smartphone-nya yaitu V9 6GB. Sebelumnya Vivo V9 telah lebih dahulu hadir yang sasar segmen entry level. Dengan menambahkan embel-embel 6GB pada namanya, varian terbaru ini tidak hanya menambahkan kapasitas RAM saja tapi juga mengalami perubahan pada spesifikasi lainnya.

Sasar segmen yang berbeda yaitu kelas menengah, seri V9 6GB ini menggunakan chipset yang lebih bertenaga. Jika sebelumnya menggunakan Snapdragon 450, kini digunakan Snapdragon 660. Ditandem dengan RAM 6 GB, tentu saja menjadikan kinerjanya meningkat drastis. Sedangkan untuk kapasitas ROM, masih sama dengan varian sebelumnya yaitu 64 GB.

Secara fisik keduanya sama, bahkan jika disanding, Anda akan kesulitan untuk membedakannya. Penggunaan layar, baik ukuran serta spesifikasi yang digunakannya sama. Dengan konsep full view display, layar terlihat lebih luas dengan penggunaan bezel yang tipis. Tidak ketinggalan masih menyertakan notch di bagian atas layar sebagai tempat kamera depan dan speaker phone. Vivo tetap mempertahankan desain V9 yang memang terlihat keren dan kekinian dengan tampilan yang sekilas mirip dengan iPhone X.

Hal lain yang berbeda adalah resolusi kamera depan. Jika V9 memiliki resolusi kamera depan 24 MP, maka V9 6GB mengalami penurunan menjadi 12 MP. Meski tingkat resolusi menurun, namun kamera ini telah disematkan teknologi AI terbaru yaitu Selfie Dual-Pixel. Teknologi ini akan makin menyempurnakan hasil foto selfie karena teknologi ini terdiri dari 2 Photodiode (2PD) sehingga dapat membuatnya menjadi 24 juta unit fotografis. Ini pula yang membuatnya mampu menghasilkan efek bokeh yang rapi.

Kamera utama masih sama dengan V9 yang dilengkapi dual kamera dengan resolusi 13 MP dan 2 MP. Dual kamera ini berguna untuk menghasilkan efek depth of field guna menghasilkan foto bokeh. Yang membedakan dengan kamera depan, efek bokeh pada kamera utama bisa diatur dengan pilihan aperture mulai dari f/0.95 hingga f/16 pada saat sebelum maupun sesudah memotret.

Hanya saja jika melihat spesifikasi chipset, seharusnya kamera utama sudah bisa melakukan perekaman video hingga resolusi 4K. Nyatanya, ketika kami periksa, pilihan resolusi video hanya mentok di 1080p. Kami pun rutin memeriksa pembaruan jika saja terjadi pembaruan untuk hal ini. Namun sampai artikel ini dibuat, belum ada pembaruan lebih lanjut.

Dengan spesifikasi yang meningkat, tentu saja kinerjanya lebih tinggi dibanding V9. Perbedaan skor berdasarkan benchmark yang kami lakukan memang menghasilkan selisih yang cukup besar. Hal ini juga makin memperlancar dalam hal menjalankan aplikasi, utamanya game-game terkini. Untuk game MOBA semisal Mobile Legends: Bang Bang, atau PUBG Mobile, semua bisa berjalan dengan lancar pada setting High.

Fitur pendukung

Vivo V9 6GB menyediakan tiga pilihan bagi fitur keamanan berupa sensor fingerprint, face unlock, serta password untuk melindungi perangkat dari orang yang tidak berhak. Selain untuk membuka layar, dua fitur pertama juga bisa digunakan untuk membuka akses saat menjalankan aplikasi tertentu.

Guna memaksimalkan ukuran layar, bezel-nya dibuat tipis sehingga tombol Recent, Home dan Back ditemp

Yang menarik, V9 6GB menggunakan satu kompartemen yang mampu menampung hingga dua kartu nano SIM serta kartu microSD secara bersamaan.

Kamera utama masih sama dengan V9 yang dilengkapi dual kamera dengan resolusi 13 MP dan 2 MP.