Find Us On Social Media :

Canon PIXMA Ink Efficient G4010: Unggulkan CISS dan Koneksi Nirkabel

By Dayu Akbar, Minggu, 5 Agustus 2018 | 16:00 WIB

Biaya cetak yang murah dengan kualitas yang tetap terjaga, menjadi impian para pengguna, apalagi bagi mereka yang cukup sering mencetak dalam jumlah banyak. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Canon kembali memperbarui jajaran perangkat multifungsinya melalui PIXMA Ink Efficient G4010. Seri yang memiliki fungsi untuk mencetak, menggandakan dokumen, memindai, serta berkirim faksimile ini merupakan pembaruan dari seri sebelumnya yaitu G4000. Perbedaan mendasar dibanding seri sebelumnya hanya terdapat pada dukungan bagi kemudahan cetak foto melalui aplikasi.

Varian ini merupakan perangkat cetak yang menggunakan CISS (Continuous Ink Supply System) alias tangki tintanya dirancang untuk diisi ulang. Ini menawarkan solusi yang lebih irit. Harga rata-rata yang digunakan jadi lebih murah. G4010 dipersenjatai dengan empat tangki tinta yang terdiri dari black, cyan, yellow, dan magenta. Kompartemen tangki tinta ditempatkan di bagian sisi depan. Dibuat transparan sehingga pengguna bisa memantau isi tinta dari luar. Penggunaan perangkat ini memang lebih mengutamakan cetak berbasis teks warna hitam, sedangkan warna lain bisa digunakan pula untuk dokumen warna sampai foto.

Menariknya, kapasitas tangki yang tersedia diklaim mampu mencetak sampai 6.000 lembar dokumen warna hitam dan 7.000 lembar dokumen warna lain. Tentu saja jumlah ini akan berkurang ketika sering digunakan untuk mencetak gambar ataupun foto. Namun gambaran jumlah cetak tersebut menjadi patokan betapa besarnya kemampuan cetak dari masing-masing tinta. Instalasi juga dibuat agar memudahkan pengguna. Cukup buka pelindung dan penutup masing-masing tinta, dan Anda tinggal menuangkan isi dari botol tinta.

Secara fisik, G4010 terbilang besar. Ini dikarenakan perangkat ini memiliki fungsi ADF, tombol panel, serta tangki tinta di kedua sisinya. Tombol panel menyediakan layar monokrom berbasis teks, serta tombol fungsi. Tombol angka memakan paling banyak ruang yang berguna untuk kebutuhan berkirim faksimile. Dilengkapi koneksi nirkabel, Anda bisa menghubungkannya ke berbagai perangkat baik secara infrastruktur maupun ad hoc. Sayangnya, kami tidak mendapati selot kartu memori atau port USB untuk mencetak langsung dari kartu memori ataupun USB flash disk.

Menilik kinerjanya, G4010 mampu mencetak dokumen berbasis teks monokrom dalam waktu 13 detik per halaman. Sementara teks warna sekitar 25 detik per halaman. Torehan waktu ini tidak terlalu gegas dan cukup memakan waktu apabila mencetak dalam jumlah banyak. Dengan kemampuannya ini, G4010 memang lebih cocok digunakan bagi pengguna rumahan sampai kantor skala kecil yang sering melakukan pencetakan tetapi bukan dalam jumlah besar sekaligus. Untuk hasil cetaknya, warna yang ditampilkan cukup akurat. Hasil cetak foto dengan pilihan kualitas terbaik (best quality), cenderung pekat.

Menggandakan dokumen menghasilkan waktu yang lebih gegas dibanding cetak dari komputer. Waktu memindai dan mencetak berlangsung lebih gegas, baik menggunakan flatbed maupun ADF. Untuk flatbed, Anda bisa memindai dari buku ataupun majalah, sedangkan ADF biasa digunakan untuk memindai dokumen secara per lembar. ADF ini sendiri mampu menampung kertas sampai 20 lembar untuk ukuran A4 dan 5 lembar untuk ukuran legal. Hal yang sama juga berlaku saat digunakan untuk memindai. Waktu torehannya terbilang cepat dengan resolusi 300 dpi ke bawah, sedangkan untuk 600 dpi, memiliki selisih waktu yang cukup jauh.

Tinta cyan, yellow, dan magenta diposisikan di sebelah kanan dan tinta black di bagian kiri dengan kapasitas yang lebih besar.

Control panel menyediakan fungsi yang memudahkan pengguna untuk melakukan penggandaan dokumen, memindai, seta berkirim faksimile secara langsung.

Hasil uji

Kecepatan cetak 5 lembar FPOT
Teks mono (rtf) 46 detik 13 detik
Teks warna (rtf) 1 menit 46 detik 25 detik
Teks+grafik (pdf) 2 menit 30 detik 34 detik
Gambar A4 (jpg) 5 menit 47 detik 57 detik
Kecepatan copy 5 lembar FPOT
Teks mono (rtf) 42 detik 11 detik
Teks warna (rtf) 1 menit 51 detik 23 detik
Teks+grafik (pdf) 2 menit 37 detik 33 detik
Gambar A4 (jpg) 3 menit 1 detik 37 detik
Kecepatan scan   Color
Foto A4 (100 dpi)   8 detik
Foto A4 (300 dpi)   17 detik
Foto A4 (600 dpi)   1 menit 6 detik

Kesimpulan

Canon PIXMA Ink Efficient G4010 jadi solusi menarik bagi kebutuhan cetak yang lebih irit berkat penggunaan CISS. Dengan kemampuan cetak yang besar, perangkat ini ideal digunakan untuk mereka yang sering mencetak dalam jumlah banyak tetapi tidak terlalu mengindahkan waktu.