Find Us On Social Media :

Lima Headphone Noise Cancellation Paling Menonjol yang Ada di Pasaran

By Dayu Akbar, Minggu, 12 Agustus 2018 | 08:00 WIB

Menikmati musik merupakan hal menyenangkan yang sering dilakukan banyak orang untuk mengisi waktu luang atau menghalau kepenatan. Kombinasi alat yang populer digunakan mendengarkan musik termasuk saat berpergian adalah smartphone dan headphone.

Masalahnya, headphone seringkali tidak berhasil menghalau “kebocoran” suara dari luar. Alih-alih menikmati musik, malah justru terganggu. Untunglah headphone masa kini ada yang telah dilengkapi dengan noise cancellation sehingga suara tak diinginkan yang berasal dari luar dapat direduksi semaksimal mungkin.

Ada dua jenis fitur noise cancellation yang dikenal, yaitu pasif dan aktif. Noise cancellation pasif hanya mengandalkan bentuk serta material pembuat headphone dalam meredam suara yang tak diinginkan. Sementara fitur noise cancellation aktif menggunakan perangkat elektronik aktif yang bekerja untuk menetralisasi gelombang suara yang tak diinginkan.

Berikut adalah beberapa headphone dengan fitur noise cancellation paling menonjol yang ada di pasaran. (Yahya Kurniawan)

Paling Hening: Sony WH-1000XM2

Banyak pihak yang sepakat bahwa saat ini Sony WH-1000XM2 merupakan headphone terbaik dalam hal peredam kebisingan. Keheningan yang baik tentu membantu Sony WH-1000XM2 menghasilkan suara sesuai dengan karakteristiknya. Headphone nirkabel ini tak hanya hebat dalam meredam kebisingan, tetapi desain serta bahan yang dimanfaatkan membuatnya nyaman digunakan.

Ada kalanya pengguna headphone perlu untuk sesaat mendengarkan suara dari luar, misalnya saat disapa oleh seseorang. Nah, Sony WH-1000XM2 memiliki fitur untuk sejenak mematikan fitur noise cancellation sehingga suara dari luar bisa masuk. Penggunanya tak perlu repot untuk mengangkat/melepas headphone.

Paling Mewah: Bowers & Wilkins P9 Signature

Bowers & Wilkins P9 Signature merupakan headphone premium karena terbuat dari material yang terbaik. Bagian earcup menggunakan bahan kulit yang sangat nyaman di telinga.

Bagian earcup ini didesain untuk mampu menutup daun telinga secara menyeluruh sehingga meminimalisasi suara bising yang masuk. Kedua earcup juga didesain “terpisah” dengan baik, sehingga getaran suara dari masing-masing earcup tidak menjalar melalui headband dan saling mengganggu.