Find Us On Social Media :

Aplikasi Berbasis Cloud yang Paling Populer Bagi Perusahaan dan Bisnis

By Rafki Fachrizal, Rabu, 15 Agustus 2018 | 08:00 WIB

Menggunakan aplikasi berbasis cloud memang dirasa lebih efisien dan banyak memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa aplikasi cloud banyak digunakan terutama di kalangan perusahaan dan bisnis. Namun demikian, aplikasi cloud manakah yang paling populer dan memiliki banyak pengguna saat ini? Berikut daftar aplikasinya.

Office 365

Office 365 merupakan versi cloud dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini muncul dengan beberapa versi baik untuk pengguna Home maupun Business. Dalam laporan kuartalan terbaru, Microsoft menyatakan bahwa pendapatan komersial Microsoft 365 telah meningkat sebesar 42% dan telah memiliki 100 juta pengguna bulanan aktif.

Salesforce.com

Salesforce adalah perusahaan pertama yang menghadirkan CRM (Costumer Relationship Management) berbasis cloud. Platform ini memiliki spesialisasi yang mencakup alat untuk penjualan, layanan, pemasaran, e-commerce, jasa dan lainnya. Sebagai pelopor CRM cloud, Salesforce mengklaim sebagai CRM  nomor 1 di dunia. Sampai saat ini, lebih dari 150.000 perusahaan di dunia telah menggunakan produk-produk cloud dari Salesforce.

G Suite

Merupakan salah satu alat produktivitas kantor berbasis cloud milik perusahaan Google. G Suite mencakup Google Kalender, Google+, Hangouts, Dokumen, Spreadsheet, dan berbagai alat lainnya. Aplikasi paling populer di G Suite adalah Gmail, yaitu layanan email gratis Google. Pada awal 2016, Gmail berhasil memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanannya.

Dropbox

Salah satu layanan penyimpanan data yang populer saat ini dengan jumlah pengguna yang cukup banyak ditemukan. Sampai saat ini, lebih dari 500 juta orang dan lebih dari 200.000 kalangan bisnis menggunakan layanan file sharing dari Dropbox. Pada Januari lalu, Dropbox telah mencapai tingkat pencapaian tahunan dengan pendapatan lebih dari $1 miliar dan ini diklaim sebagai perusahaan SaaS pertama yang mencapai nilai tersebut.

Adobe Creative Cloud

Fokus untuk para desainer, pembuat film, dan profesional kreatif lainnya, Adobe Creative Cloud adalah aplikasi yang berhasil mengumpulkan pendapatan hingga mencapai $ 1,06 miliar. Aplikasi yang paling terkenal dari perusahaan ini adalah PhotoShop. Menurut informasi, lebih dari 90% profesional dunia kreatif menggunakan Photoshop. Aplikasi lain yang tersedia di platform ini termasuk Illustrator, InDesign, Premiere Pro, Audition, After Effects dan beberapa lainnya.

GitHub