Find Us On Social Media :

Synology DS918+: NAS untuk Bisnis Skala Kecil sampai Menengah

By Dayu Akbar, Jumat, 17 Agustus 2018 | 14:51 WIB

Seri Plus pada lini perangkat NAS (network attached storage) dari Synology ditujukan bagi segmen pengguna yang membutuhkan kinerja tinggi untuk kebutuhan bisnis skala kecil sampai menengah. Masuk di seri Plus, Synology DS918+ merupakan sebuah perangkat NAS yang ditujukan untuk segmen bisnis dengan kebutuhan kapasitas besar dan kinerja tinggi.

Synology DS918+ memiliki tampilan fisik yang mirip dengan beberapa NAS Synology lainnya. Memiliki kapasitas standar empat unit hard disk, akses seluruh unit hard disk diletakkan di bagian depan. Untuk melindungi setiap unit hard disk, setiap bay memiliki pengunci terpisah.

Di bagian depannya ini terdapat deretan lampu indikator, sebuah port USB 3.0, serta tombol power yang juga merangkap sebagai tombol backup otomatis. Sayangnya di bagian depannya ini tidak memiliki layar yang bisa menunjukkan beberapa informasi seperti pada beberapa NAS kelas bisnis lainnya. Sementara itu, di belakangnya masih memiliki 1 port USB 3.0, 1 port eSATA, dan 2 port LAN gigabit. Hadirnya dua port jaringan menunjukkan bahwa NAS ini juga ditujukan untuk penggunaan di jaringan skala besar.

Synology DS918+ menggunakan prosesor quad core Intel Celeron J3455 dengan kecepatan 1,5 GHz dan turbo sampai 2,3 GHz. Prosesor tersebut ditopang dengan memori utama DDR3L dengan kapasitas empat gigabyte. Untuk memaksimalkan kinerjanya saat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus, NAS ini juga masih memiliki kapabilitas untuk ditingkatkan kapasitas memori utamanya menjadi delapan gigabyte dengan menambahkan sekeping SO-DIMM DDR3L melalui selot yang tersedia.

Menyediakan kapasitas untuk empat unit hard disk, Synology DS918+ mendukung kapasitas maksimal sampai 48 TB dengan menggunakan hard disk 12 TB. Namun, jika Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar, NAS ini juga mendukung ekspansi dengan menggunakan expansion kit DX517 sehingga Anda bisa mendapatkan dukungan kapasitas sembilan unit hard disk. Ini cukup besar untuk bisnis skala kecil sampai menengah.

Untuk melengkapi fungsinya sebagai sebuah NAS bisnis, Synology DS918+ ini juga memiliki dua selot tambahan M.2 NVMe 2280 yang bisa Anda gunakan untuk solusi caching. NAS ini juga mendukung enkripsi AES-NI untuk melindungi data yang ada di dalamnya.

Sistem operasi DiskStation Manager yang digunakan pada Synology DS918+ ini adalah versi yang terbaru yaitu versi 6.1.6. Di dalamnya Anda dapat menambahkan beberapa aplikasi tambahan melalui Package Center seperti Mail Server, Web Server, Antivirus, dan beberapa aplikasi multimedia seperti iTunes Server dan VideoStation. Selain itu, Synology juga memberikan banyak pilihan aplikasi mobile untuk Android dan iOS yang bisa memudahkan Anda dalam mengakses file yang tersimpan di NAS melalui perangkat mobile yang Anda gunakan.

NAS Synology DS918+ ini memiliki kinerja yang kencang saat kami gunakan dalam berbagai konfigurasi RAID seperti RAID 0, RAID 1, dan RAID 5. Kinerja transfer baca dan tulisnya termasuk cepat dan konsisten untuk melakukan transfer data dalam berbagai ukuran. Kinerja baca tulis Synology DS918+ selengkapnya dapat Anda lihat pada tabel pengujian.

Synology DS918+ ditujukan untuk segmen bisnis skala kecil sampai menengah dengan kebutuhan kapasitas yang besar.

Untuk menghadirkan kapasitas yang lebih besar, Synology DS918+ juga kompatibel dengan expansion kit DX517.

Hasil uji

NAS Performance Toolkit