Find Us On Social Media :

QlueWork Sederhanakan Komunikasi Pengamanan Selama Asian Games 2018

By Adam Rizal, Rabu, 22 Agustus 2018 | 14:00 WIB

Ilustrasi CCTV QlueWork

Qiscus menggandeng Qlue menghadirkan sebuah produk QlueWork yang merupakan salah satu produk dari Qlue Smart City.

QlueWork dapat menangani masalah koordinasi dan komunikasi yang kompleks antara banyak pihak, seperti halnya dalam gelaran Asian Games 2018.

Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang ke-18 di Jakarta dan Palembang dengan mengusung tema Energi Asia. Atlet-atlet dari 45 negara berkumpul untuk berpartisipasi dalam perhelatan ini.

Dalam Asian Games 2018, setidaknya ada beberapa pihak yang terlibat sebagai pasukan keamanan.

Namun keberadaan pasukan yang berjumlah puluhan ribu dan luasnya area yang mencakup berbagai titik di Jakarta dan Palembang menimbulkan satu permasalahan baru yakni kompleksnya proses koordinasi dan komunikasi antarpetugas di lapangan maupun petugas di command center.

QlueWork memungkinkan berbagai data dan informasi tersentral ke dalam satu dashboard. Dengan produk ini, operator dapat memantau setiap aktivitas di lapangan dengan lebih efektif dan efisien.

Sonny Permana (Product Manager QlueWork) mengatakan QlueWork memungkinkan seluruh petugas di lapangan berbagi informasi secara terpusat dan real-time yang mana informasi tersebut ditampilkan dalam satu dashboard.

"Kami membantu berbagai pihak dalam sistem keamanan yang kompleks untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi dengan memanfaatkan teknologi komunikasi seperti chat, video call, atau bahkan video conference yang didukung teknologi dari Qiscus," katanya dalam siaran persnya, Selasa.

Tidak hanya komunikasi real-time, Sonny mengatakan QlueWork juga memiliki sistem pengenal wajah dan kemampuan analisis. "Informasi yang didapatkan tidak hanya berupa data mentah untuk kepentingan memantau kejadian tetapi juga berbagai analisis yang informatif," ucapnya.

Sony mengilustrasikan jika kita menggunakan CCTV konvensional, operator tetap harus melakukan inspeksi satu demi satu dan memonitor setiap kejadian secara manual. Dengan QlueWork, proses ini dapat disimplifikasi.

"Kami memiliki sebuah fitur yang dapat menganalisis setiap kejadian berdasarkan data behavior. Jadi, apabila ada potensi ancaman dan kejahatan, pihak-pihak terkait dapat melakukan aksi yang segera untuk mencegah kerugian yang besar," pungkasnya.

"Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat membantu terpusatnya arus informasi dan koordinasi yang dalam hal ini melibatkan institusi Kepolisian RI.