Find Us On Social Media :

Berapa Lama Pengguna Habiskan Waktu untuk Buka Aplikasi WhatsApp?

By Adam Rizal, Rabu, 22 Agustus 2018 | 18:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp

Perusahaan analisis aplikasi Apptopia mengungkapkan masyarakat pengguna aplikasi obrolan di dunia menghabiskan 85 miliar jam untuk menggunakan aplikasi WhatsApp dalam tiga bulan terakhir.

Hal itu berarti setiap orang di dunia itu menghabiskan waktu 11.425 jam di WhatsApp dalam kurun waktu tersebut.

"Biasanya, aplikasi komunikasi mengambil sebagian besar waktu yang dihabiskan pada aplikasi seluler kita. Sudah jelas WhatsApp adalah aplikasi pesan global pilihan," kata Adam Blacker (Juru Bicara Apptopia) seperti dilansir dari laman Forbes.

Menariknya, dari data tersebut orang-orang hanya menghabiskan 30 miliar jam di Facebook. Berikut 10 aplikasi komunikasi teratas berdasarkan waktu yang paling banyak dihabiskan dalam aplikasi.

1. WhatsApp2. WeChat3. Facebook4. Messenger5. Pandora6. YouTube7. Instagram8. Twitter9. Google Maps10. Spotify

Perbedaan waktu antara WhatsApp dan Facebook menjadi menarik. Banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengirim pesan daripada bermedia sosial. Hal itu menunjukkan kebiasaan anak muda, yang cenderung menghabiskan banyak waktu untuk berkomunikasi.

Hal menarik lainnya ada pada data tentang waktu yang dihabiskan orang dalam bermain game. Sedikit mengejutkan bahwa Fortnite tidak berada di posisi pertama.

Berikut 10 game teratas secara global berdasarkan waktu terbanyak yang dihabiskan di aplikasi seluler.

1. Clash of Clans = 3,83 miliar jam2. My Talking Tom = 3,42 miliar jam3. Candy Crush Saga = 3,31 miliar jam4. Fortnite = 2,98 miliar jam5. Lords Mobile = 2,93 miliar jam6. Subway Surfers = 2,43 miliar jam7. Helix Jump = 1,74 miliar jam8. Slither.io = 1,54 miliar jam9. PUBG Mobile = 1,52 miliar jam10. Fishdom = 1,51 miliar jam

Fortnite di posisi keempat kemungkinan karena game tersebut banyak dimainkan di layar yang lebih besar dengan kontrol perangkat keras khusus. Selain di perangkat mobile, game tersebut juga hadir di PS4, Xbox, komputer desktop/laptop.

Menurut eMarketer, orang dewasa Amerika biasa menghabiskan rata-rata lebih dari tiga setengah jam sehari di perangkat seluler mereka. Di beberapa negara dengan penetrasi PC yang sangat rendah, angka tersebut mungkin lebih tinggi. Dengan tiga jam sehari, dengan lebih dari ratusan juta dan bahkan miliaran orang, jumlah tersebut bertambah dengan cepat.

"Hampir separuh waktu yang dihabiskan dalam aplikasi terjadi di aplikasi teratas untuk individu, dan 90 persen-nya di lima besar," kata analis eMarketer, Yoram Wurmser.