Find Us On Social Media :

Prestasi Direktorat Jenderal Pajak Hingga Sabet Penghargaan DXa 2018

By Adam Rizal, Jumat, 31 Agustus 2018 | 16:00 WIB

IDC menobatkan Direktoral Jenderal Pajak sebagai pemenang pada kategori "Digital Transformer of the Year".

IDC mengumumkan para pemenang IDC Digital Transformation Awards (DXa) yang kedua pada DX Summit 2018. IDC menobatkan Direktoral Jenderal Pajak sebagai pemenang pada kategori "Digital Transformer of the Year".

Selain itu, IDC juga menobatkan OVO, DBS Bank Indonesia, FinAccel, Tokopedia, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang juga dinobatkan sebagai pemenang untuk kategori Digital Disruptor, Omni Experience Innovator, Information Visionary, Talent Accelerator, dan Operating Model Master serta Danny Natalies dari UNIKA Atma Jaya dinobatkan sebagai DX Leader 2018 di Indonesia.

Sudev Bangah (Managing Director IDC ASEAN) mengatakan Pemerintah Indonesia baru saja mengumumkan visi untuk menjalankan ekonomi digital dengan menjadikan Revolusi Industri 4.0 sebagai fokus utama pembangunan nasional.

"Kami percaya, bahwa ini merupakan waktu yang tepat untuk memberikan apresiasi kepada program digital terbaik di Indonesia. Tahun ini, kami melihat semakin banyak organisasi lokal yang terpacu untuk bertransformasi menjadi organisasi berbasis digital," katanya dalam siaran persnya, Jumat.

Ajang Penghargaan IDC DXa mengapresiasi pencapaian organisasi-organisasi yang telah berhasil merencanakan dan melaksanakan transformasi pada satu atau berbagai bidang bisnis melalui penerapan teknologi digital yang disruptif.

Ketujuh pemenang penghargaan akan mewakili Indonesia untuk berhadapan langsung dengan para pemenang dari negara-negara Asia Pasifik lainnya pada putaran final di tingkat regional di Singapura pada tanggal 25 Oktober 2018.

Bangah mengatakan transformasi digital merupakan faktor terpenting bagi organisasi untuk bersaing dan beradaptasi dengan perubahan tatanan bisnis di Indonesia, terutama terhadap perubahan yang cepat dari perilaku konsumen dan inovasi yang mendisrupsi model bisnis di pasar.

Berdasarkan survei IDC terbaru, ada lebih dari 80 persen organisasi-organisasi yang yakin bahwa transformasi digital memberikan manfaat bagi organisasi. Sementara, Operating model, Leadership, dan Omni Experience akan menjadi fokus dalam bertransformasi digital dalam waktu dekat.

Berikut daftar organisasi-organisasi terpilih dan program terbaik mereka pada IDC Digital Transformation Awards 2018:

• Direktorat Jenderal Pajak sebagai Digital Transformer of the Year. Direktorat Jenderal Pajak telah mulai memanfaatkan kemampuan digital untuk memperkenalkan proses bisnis yang lebih efisien, meningkatkan interaksi dengan masyarakat, jumlah pembayar pajak, mendeteksi transaksi penipuan, dan meningkatkan transparansi dengan publik.

• OVO, OVO Analytics dinobatkan sebagai Digital Disruptor of the Year. Sebagai bagian dari Lippo Group, OVO menyediakan penawaran dan layanan yang sangat personal melalui platform big data analytics yang mengintegrasikan informasi dari organisasi-organisasi di bawah Lippo Group. Penawaran dan layanan ini mencakup makanan dan minuman, perjalanan/travel, dan ritel.

• Danny Natalies, dari UNIKA Atma Jaya dinobatkan sebagai DX Leader of the Year untuk program yang menjadikan universitas Atma Jaya sebagai “Smart Campus”. Terinspirasi oleh pertumbuhan dan perubahan perilaku customer dalam ekosistem, Danny Natalies telah menjadi duta digital di universitas Atma Jaya.