Find Us On Social Media :

Inilah Isi Surat Perpisahan Pendiri Alibaba Jack Ma yang Emosional

By Adam Rizal, Selasa, 11 September 2018 | 16:00 WIB

Jack Ma (Pendiri Alibaba)

Jack Ma resmi pensiun dari tampuk kepemiminan tertinggi di Alibaba Group sebagai Chairman of the Board Alibaba Group dan di hari ulang tahun Alibaba yang ke 19.

Ma pun membuat surat perpisahan yang mengharukan kepada perusahaan dan pelanggannya.

Dalam suratnya, Jack Ma mengumumkan pengganti dirinya Daniel Zhang (CEO Alibaba).

Ma pun memastikan dirinya akan tetap mengawasi Alibaba dan Zhang untuk memastikan transisi kepemimpinan berjalan dengan lancar.

Ma akan menempati jajaran direksi Alibaba hingga hingga Rapat Umum Pemegang Saham tahun 2020. Dalam suratnya juga, Ma mengisahkan bagaimana ia bersama yang lain jatuh bangun mendirikan Alibaba. Terlebih, latar belakang Jack Ma adalah seorang guru.

"Alibaba menjadi hebat bukan karena bisnis tetapi karena kami saling bekerja sama di bawah satu visi dan misi," katanya.

Baca Juga : Alasan Jack Ma Tidak Pernah Pekerjakan Orang Pintar dan Berprestasi

Berikut isi surat lengkap Ma yang ia tuliskan kepada para karyawan dan pelanggan Alibaba:

Surat dari Jack Ma, Pendiri dan Executive Chairman Alibaba Group

Kepada pelanggan Alibaba, Aliren (karyawan Alibaba), dan para pemangku kepentingan,

Hari ini, bertepatan dengan peringatan ulang tahun Alibaba yang ke 19, saya dengan senang hati menyampaikan sebuah berita gembira: Jajaran direksi telah menyetujui bahwa satu tahun dari sekarang, yaitu 10 September 2019 yang juga merupakan ulang tahun Alibaba yang ke 20, CEO Alibaba Group Daniel Zhang akan menggantikan posisi saya sebagai Chairman of the Board Alibaba Group. Dalam 12 bulan ke depan, saya akan bekerja berdampingan dengan Daniel untuk memastikan transisi kepemimpinan ini berjalan dengan lancar. Setelah itu, saya akan tetap berada dalam jajaran direksi Alibaba hingga Rapat Umum Pemegang Saham tahun 2020.

Saya telah banyak memikirkan dan mempersiapkan rencana suksesi ini selama sepuluh tahun terakhir. Berkat dukungan Alibaba Partnership dan jajaran direksi, saya sangat senang bisa mengumumkan rencana tersebut hari ini. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh rekan di Alibaba dan keluarga Anda, karena kepercayaan, dukungan, dan kerja sama kita selama 19 tahun ini telah mempersiapkan kita untuk apa yang dicapai hari ini dengan penuh kepercayaan diri dan kekuatan.