Find Us On Social Media :

Apa Itu Teknologi eSIM yang digunakan di iPhone XS dan iPhone XS Max

By Wisnu Nugroho, Sabtu, 15 September 2018 | 15:09 WIB

Ilustrasi e-SIM pada iPhone XS

Salah satu teknologi menarik yang ada di iPhone terbaru (iPhone XS dan XS Max) adalah penggunaan eSIM. Kartu eSIM ini memang bukan teknologi yang benar-benar baru, karena sudah digunakan di smartphone Google Pixel 2 atau smartwatch Samsung Gear 2.

Namun sejarah membuktikan, teknologi yang diperkenalkan iPhone dengan cepat diikuti produsen smartphone lain. Jadi, siap-siap mendapati lebih banyak smartphone yang menggunakan eSIM.

Jika ingin tahu apa itu eSIM, berikut penjelasannya.

Apa sih eSIM itu?

eSIM atau embedded-SIM adalah SIM card yang tertanam langsung di perangkat smartphone. Dengan eSIM, kita tidak lagi membutuhkan SIM card fisik yang dimasukkan ke dalam slot SIM card. Yang dibutuhkan hanya layanan dari operator telekomunikasi yang mendukung eSIM ini.

Apa untungnya menggunakan eSIM?

Keuntungan eSIM akan terasa di sisi pembuat dan pengguna smartphone.

Produsen smartphone seperti Apple memiliki keuntungan berkat ukuran eSIM yang sangat kecil. eSIM memiliki ukuran 6x5mm, jauh lebih kecil dibanding Nano-SIM (12,3x8,8mm). Selain itu, eSIM juga langsung tertempel di papan elektronik smartphone.

Dengan begitu, produsen smartphone tidak perlu menyediakan slot untuk SIM card fisik lagi. Pengurangan area ini akan memudahkan produsen smartphone dalam merancang smartphone yang lebih tipis.

Dalam konteks Apple iPhone XS dan XS Max, manfaat eSIM menjadi terlihat karena kini kedua smartphone tersebut kini mendukung dual SIM card. Untuk SIM card utama, iPhone XS dan XS Max tetap menggunakan SIM card fisik. Namun untuk SIM card kedua, kedua smartphone tersebut menggunakan eSIM.

Padahal seperti kita tahu, smartphone dual SIM yang ada saat ini benar-benar harus menyediakan dua slot fisik. Jadi iPhone XS dan XS Max bisa menyediakan dual SIM tanpa harus merancang dua slot fisik.

Kalau untuk pengguna, apa keuntungan menggunakan eSIM?

Bagi pengguna, eSIM akan memudahkan karena tidak perlu lagi ada proses memasukkan SIM Card secara fisik. Semua langsung dilakukan di menu smartphone, termasuk saat saat memilih operator. Bahkan jika Anda ingin mengganti operator dari Telkomsel ke Indosat, misalnya, semua dilakukan dari menu di smartphone.

Perbandingan ukuran eSIM dengan SIM Card umumnya

Kegunaan eSIM akan terasa ketika Anda pergi ke luar negeri dan ingin menggunakan nomor lokal. Jika smartphone Anda cuma memiliki satu slot SIM card, Anda harus mencopot SIM Card Indonesia dan menggantinya dengan SIM Card lokal. Ketika sampai Indonesia, Anda baru bisa masukkan lagi SIM Card Indonesia.

Jika menggunakan eSIM, proses pasang-copot kartu tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Semua bisa dilakukan melalui menu di smartphone.

Bagaimana sebenarnya cara mengganti operator di eSIM?