Find Us On Social Media :

Tokoh di Bidang Teknologi Informasi yang Mengharumkan Nama Bangsa

By Dayu Akbar, Sabtu, 29 September 2018 | 13:20 WIB

Bulan Agustus selalu menjadi bulan yang penting bagi bangsa Indonesia. Pada bulan Agustus, Indonesia memperingati kemerdekaannya, tepatnya pada tanggal 17, serta selalu mengenang jasa para pahlawan yang sudah berhasil merebut kemerdekaan maupun mempertahankan kemerdekaan atau stabilitas bangsa.

Selain itu, ada banyak nama lain yang juga berjasa dalam mengharumkan nama bangsa. Mereka mungkin bukanlah anggota militer yang angkat senjata dalam peperangan, tetapi dengan keahlian dan talenta mereka, nama Indonesia menjadi harum dan dikenal di luar negeri.

Di dunia teknologi informasi alias TI juga ada beberapa nama yang sukses mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Siapa sajakah mereka?

Onno W. Purbo

 

Onno W. Purbo merupakan orang yang paling tepat berada di daftar nomor 1 artikel ini. Dia dikenal karena banyak karya tulisnya yang mampu memelekkan mereka yang buta TI menjadi lebih mengerti. Selain itu, Onno W. Purbo juga sering menjadi narasumber pada berbagai seminar bertema TI.

Karyanya yang melegenda adalah Wajanbolic sebagai solusi internet murah tanpa kabel dan RT/RW-Net sebagai jaringan komputer swadaya masyarakat. Dia pun sejak lama menyerukan penggunaan peranti lunak legal di Indonesia.

Onno W. Purbo memiliki banyak publikasi internasional dan kerap juga menerima penghargaan dari dunia internasional. Kebetulan pula lahirnya pada 17 Agustus 1962.

Jim Geovedi

 

Dalam film tentang spionase sering didapati adegan seorang hacker yang sedang meretas sebuah jaringan komputer. Sebagian orang mungkin menganggap beberapa adegan terlalu berlebihan, tetapi mungkin pikiran mereka akan berubah jika berjumpa Jim Geovedi.

Ya, Pria yang kini menetap di London ini adalah seorang pakar keamanan internet dan jaringan komputer, meskipun tidak memiliki gelar pendidikan resmi di bidang itu. Dia mampu melakukan hal-hal yang di film dianggap berlebihan.