Find Us On Social Media :

Lintasarta dan UGM Tantang Inovator Muda Temukan Solusi Industri

By Adam Rizal, Senin, 1 Oktober 2018 | 20:13 WIB

Lintasarta menggandeng Universitas Gadjah Mada menggelar Innovative Academy Appcelerate 2018

Lintasarta menggandeng Universitas Gadjah Mada menggelar Innovative Academy Appcelerate 2018 untuk mendukung pengembangan kreativitas dan inovasi berbasis teknologi digital di Indonesia.

Dalam rangka acara tersebut, Lintasarta dan UGM mengadakan Energizing Startups pada Sabtu, 29 September 2018 di Ruang Bulaksumur, Hotel UC UGM, Yogyakarta.

Acara itu mengusung tema “Designing Solutions to Industrial Problems through Campus-Based Development” dengan fokus prioritas penyelesaian permasalahan industri di bidang fintech (bank and non bank), supply chain, dan smart city.

Gidion Suranta Barus (General Manager IT Services Product Management Lintasarta) mengatakan potensi bisnis teknologi digital di Indonesia sangat besar dan semua stakeholders wajib mendukung Indonesia untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Kerjasama ini merupakan langkah nyata Lintasarta untuk melakukan link and match industri dan perguruan tinggi melalui sinergi dengan perguruan tinggi dalam mendukung pemerintah untuk memunculkan inovator muda di Indonesia," katanya dalam siaran persnya.

Para peserta harus melewati serangkaian tahapan meliputi seleksi proposal rencana bisnis, kegiatan inkubasi bisnis, hingga presentasi final di hadapan Board of Director Lintasarta. Appcelerate sendiri merupakan realisasi program Social Investment Lintasarta untuk masyarakat yang ingin membangun inovasi dan kreativitas berbasis aplikasi digital, memiliki nilai bisnis.

Harapannya, inovasi-inovasi itu dapat mendukung berbagai sektor industri dan pemerintahan. Kegiatan ini terbuka untuk tim startup yang beranggotakan mahasiswa dan alumni Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berada di D.I.Yogyakarta dan sekitarnya.

Di UGM, pengelolaan kegiatan dilaksanakan oleh PT Gama Inovasi Berdikari (GIB), inkubator bisnis yang dibentuk UGM dan diberi mandat untuk mengelola startup business digital binaan Innovative Academy.

Lintasarta menggandeng Universitas Gadjah Mada menggelar Innovative Academy Appcelerate 2018

drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Gadjah Mada) mengatakan UGM sangat mengapresiasi inisiasi Lintasarta untuk bersinergi dengan UGM dalam mengembangkan model social investment melalui Innovative Academy Appcelerate.

"Ajang ini mampu memberikan ruang inovasi di kalangan startup muda dan dapat mendorong mereka untuk berani berkreasi serta memulai langkah maju sebagai wirausahawan bidang digital atau technopreneur," katanya.

"Saya mengajak mahasiswa dan inovator muda untuk bersama-sama UGM dan Lintasarta membangun dan mengembangkan startups dalam rangka mewujudkan kemandirian dan daya saing bangsa ini," ucapnya.