Find Us On Social Media :

Pernah Gagal, Cara Distributor Baru Jual Ponsel Lenovo di Indonesia

By Adam Rizal, Rabu, 3 Oktober 2018 | 11:00 WIB

Ilustrasi ponsel Lenovo

Selama dua tahun terakhir, Lenovo vakum dari pasar smartphone Indonesia. Baru pada Oktober 2018 ini Lenovo kembali ke Indonesia dengan lini Lenovo K9.

Namun, bisnis smartphone di Indonesia kali ini tak lagi dipegang oleh Lenovo langsung, melainkan dialihkan kepada pihak ketiga, yakni InOne Technology.

Lewat kerja sama ini, InOne mengklaim memiliki kuasa untuk mendesain, membuat, serta mendistribusikan ponsel Lenovo di Indonesia.

Namun klaim InOne Technology ini belum bisa dikonfirmasi dengan pihak Lenovo, karena Lenovo sudah tidak memiliki juru bicara di Indonesia.

Menurut Digital Marcomm Manager InOne Technology, Evan Angganantika, kerja sama keduanya akan berlangsung selama lima tahun, terhitung mulai 2018 ini.

Perusahaan akan bertanggungjawab penuh dalam proses manufaktur hingga after sales dari lini ponsel Lenovo.

"Kalau dibilang secara struktur organisasi di Indonesia, Lenovo sudah tidak aktif. Sekarang full dipegang oleh InOne mulai dari produk Lenovo K9 ini," ungkap Evan.

Lenovo K9 Resmi di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa Lenovo dan InOne tetap menjadi dua entitas yang berbeda. InOne bukanlah milik Lenovo maupun sebaliknya.

InOne hanya dipercaya untuk mengelola segala operasional lini bisnis smartphone Lenovo di Indonesia.

"Dari hulu ke hilir di Indonesia operasinya kami yang manage saat ini. Saat ini Lenovo di Indonesia sepertinya non-aktif. Kalau di China masih tetap Lenovo. Brand-nya masih besar," ungkap Evan.

Baca Juga : Lenovo Yoga 730 Resmi Masuk Pasar Indonesia, Berapa Harganya?

"Sebenarnya secara brand masih besar, tapi pola bisnis ini yang menggunakan distributor untuk satu negara, itu sudah lazim untuk industri smartphone," imbuhnya.