Find Us On Social Media :

Oracle Impact: Mendorong Inovasi Teknologi di Era Ekonomi Digital

By Rafki Fachrizal, Rabu, 3 Oktober 2018 | 11:21 WIB

Dr. Mardiasmo, MBA (Wakil Menteri Keuangan RI) menggambarkan prospek ekonomi Indonesia di hadapan peserta Oracle Impact

Saat ini, setiap perusahaan dituntut untuk mampu berinovasi di tengah persaingan bisnis yang semakin begitu ketat. Untuk itu, dengan memanfaatkan teknologi yang sudah maju yang ada saat ini mampu menjadi solusi untuk menjawab tantangan tersebut.

Seperti diketahui, teknologi seperti AI, Internet of Things, dan Blockchain merupakan deretan teknologi yangmengubah cara perusahaan dalam meningkatkan bisnis dan sebagai upaya untuk menuju transformasi digital.

Perusahaan saat ini berada di persimpangan antara cara tradisional dalam berbisnis dan kemungkinan penggunaan teknologi untuk kemajuan di masa depan. Tidak hanya itu, apalagi saat ini telah memasuki era ekenomi digital yang membuat setiap perusahaan harus siap menghadapi era tersebut.

Untuk membahas seputar teknologi di era ekonomi digital saat ini, perusahaan Oracle menggelar Oracle Impact Technology Summit, Selasa (02/10/2018) di Jakarta. Dalam acara tersebut, Oracle mengatakan bahwa pentingnya peran teknologi dalam mendorong kemajuan perusahaan di Indonesia dalam mengadapi era ekonomi digital.

Dalam sambutan acara tersebut, Menteri Keuangan RI yang diwakili Prof. Dr. Mardiasno, MBA., Akt. sedikit mengungkapkan bagaimana cara “Mempersiapkan Ekonomi Indonesia Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Kalau kita melihat negara Indonesia merupakan negara yang besar dengan banyaknya pulau dan provinsi yang ada. Ketika kita membicarakan masalah ekonomi maka kita harus melihat secara keseluruhan dari masyarakat di seluruh Indonesia ini,” ucap Mardiasno.

“Selain itu, kita bisa mengetahui bahwa Economy inclusive akan memberikan impact kalo didukung dengan teknologi IT. Dimana dengan teknologi-teknologi ini bisa menyambungkan akses dengan seluruh masyarakat di berbagai daerah,” tambahnya.

Mardiasno juga mengatakan, bahwa Empat pilar utama perekonomian yang menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia yaitu moneter, fiskal, ekonomi riil, dan neraca pembayaran.

Dalam acara tersebut, Poltak Hotradero, Peneliti Senior tentang Masalah Ekonomi di Bursa Efek Indonesia juga menyampaikan mengenai pertumbuhan ekonomi yang didukung dengan peran inovasi Teknologi.

“Kita bisa ambil contoh dari negara Inggris. Negara seperti Inggris dapat mengalami pertumbuhan ekonomi dari yang namanya inovasi. Bayangkan saja, saat ini pertumbuhan ekonomi negara mereka sebanyak 63% itu berasal dari yang namanya inovasi,” ujar Poltak.

Oleh karena itu, menjadi penting bagi perusahaan yang ada di Indonesia untuk berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan salah satu kuncinya itu ada di inovasi.

“Saat ini, inovasi yang paling maju adalah mengenai pengembangan data,” kata Poltak. Dalam kesempatan itu, Ia juga menjelaskan sedikit mengenai perkembangan teknologi hingga kini.