Find Us On Social Media :

Begini Cara Pasang Router yang Benar Biar Sinyal WiFi Kencang

By Adam Rizal, Minggu, 7 Oktober 2018 | 16:00 WIB

Ilustrasi router

Posisi pelatakan perangkat router di dalam rumah atau gedung sangat menentukan kecepatan sinyal jaringan Internet. Posisi router yang tidak tepat akan mempengaruhi kekuatan sinyal Wifi itu sendiri.

Router sendiri berfungsi untuk memancarkan sinyal Wifi kepada pengguna. Anda pun harus memilih router yang sesuai dengan luas rumah Anda karena setiap router memiliki fungsi dan ukuran yang berbeda.

Bagi Anda pemilik Apartemen atau rumah dengan luas dibawah 1500 kaki persegi atau 140 meter persegi maka cukup dengan satu titik akses nirkabel. 

Namun jika router Anda telah berumur beberapa tahun, Anda harus memperbarui ke model baru dengan dukungan 802.11 dan dua-band nirkabel.

Berikut beberapa tips untuk memilih dan meletakan Router yang benar supaya jaringan Wifi Anda bisa "ngebut" seperti dikutip CNET.

Jangan Taruh di Sudut Rumah

Janganlah, meletakan router di sudut-sudut rumah karena router mengirim sinyal ke segala arah. Jika Anda memasangnya di sudut rumah maka sinyal lebih banyak berada di luar rumah.

Karena itu, letakanlah router ke lokasi pusat untuk mengoptimalkan sinyal dan pasanglah router setinggi mungkin untuk memaksimalkan cakupan karena pola penyebaran sinyal cenderung vertikal.

Anda bisa menempatkan router di atas rak buku ataupun dinding rumah yang tidak mencolok.

Jauhkan dari Alat Elektronik

Cobalah untuk memilih lokasi yang jauh dari elektronik dan benda-benda logam besar lainnya. Semakin banyak dinding, penghalang besar dan elektronik di dekat router Anda, maka semakin tinggi kemungkinannya ada sesuatu yang akan mengganggu sinyal.

Salah satu elektronik yang secara khusus dihindari adalah microwave karena memancarkan sinyal kuat dalam pita hingga 2.4GHz.