Find Us On Social Media :

iPhone XS vs Galaxy Note 9, Mana yang Lebih Bagus dan Pantas Dibeli?

By Adam Rizal, Senin, 8 Oktober 2018 | 13:00 WIB

Ilustrasi Galaxy Note 9 vs iPhone XS

Smartphone flagship papan atas terkini, duo iPhone XS dan Galaxy Note 9 sama-sama menjadi jagoan masing-masing vendor.

Dengan banderol harga di atas 1.000 dollar AS atau jika dirupiahkan sekitar belasan juta, banyak calon konsumen kerap mempertanyakan mana flagship yang lebih baik.

Beberapa hal terutama dari sisi kecepatan, daya tahan baterai, performa kamera, dan ketangguhan perangkat secara keseluruhan, menjadi pertimbangan umum sebelum membeli.

Tentu saja, pertanyaan ini tidak bisa dijawab sembarangan, bahkan bagi pengulas smartphone sekalipun.

Consumer Report, salah satu asosiasi advokasi konsumen yang mengklaim lebih independen, akhirnya mengeluarkan hasil akhir uji coba ketiga model perangkat tersebut.

Menurut Consumer Report, dibanding performa iPhone X tahun lalu, lini baru iPhone XS disebut mengalami peningkatan yang signifikan, terutama pada daya tahan baterai, kamera yang lebih halus, dan peforma yang lebih cepat.

Sayangnya, soal ketahanan, iPhone XS dan XS Max masih kalah dengan Galaxy Note 9. Setelah dibanting berulang kali dari berbagai sudut, iPhone XS dan XS Max tampak mengalami kerusakan setelah 50 kali percobaan.

Sementara itu, Galaxy 9 Note disebut bisa bertahan hingga 100 kali bantingan. Penguji hanya melihat kerusakan kecil dan bagian kaca masih tetap utuh.

Untuk baterai, Consumen Report mengakui jika performa baterai lini iPhone yang baru lebih baik dibanding iPhone X 2017 yang bertahan 19,5 jam.

Baca Juga : Masalah Kamera, Huawei P20 Pro Lebih Bagus Dibanding iPhone XS Max

Dalam metodenya, Consumer Reports menggunakan program robot yang distimulasi sebagai pengguna nyata. Robot tersebut bertindak seolah-olah pengguna asli perangkat.

Seperti meningkatkan kecerahan layar hingga 100 persen. Robot juga akan melakukan tugas, seperti browsing, memotret, menggunakan navigasi GPS, dan melakukan panggilan.