Find Us On Social Media :

Didominasi Milenial, Investor di BukaReksa Terus Alami Peningkatan

By Rafki Fachrizal, Senin, 8 Oktober 2018 | 15:47 WIB

Didominasi Milenial, Investor di BukaReksa Terus Alami Peningkatan

“Hemat pangkal kaya”, pepatah seperti itu mungkin sudah tidak asing bagi setiap orang. Melalui kebiasaan menghemat, tentunya semakin banyak uang yang dapat disisihkan untuk menabung. Dengan begitu, uang yang dikumpulkan pun lama-lama akan semakin besar dan bisa menjadikan kaya.

Namun, di era digital seperti saat ini rasanya menabung saja tidak cukup karena resikonya yang diakibatkan oleh inflasi. Untuk itu, salah satu solusinya masyarakat bisa berinvestasi dan memilih produk investasi yang sesuai dengan profil risiko masing masing. Dengan cara ini, dana yang dimiliki bisa berkembang dengan baik untuk masa depan yang lebih terencana.

Sebagai salah satu penyedia solusi untuk berinvestasi, Bukalapak bekerjasama dengan Bareksa mengajak masyarakat Indonesia memaksimalkan kegiatan investasi melalui fitur yang disebut dengan BukaReksa. Diluncurkan sejak Januari 2017 lalu, BukaReksa merupakan sebuah fitur yang tersedia di web maupun aplikasi Bukalapak yang menyediakan sarana investasi reksa dana secara online yang aman.

Abdul Hafizh Asri selaku Investment Solution Manager Bukalapak mengatakan “Bukalapak terus berupaya untuk memudahkan kehidupan masyarakat Indonesia khususnya dalam hal berinvestasi. Pengguna Bukalapak dapat melakukan investasi reksa dana di BukaReksa mulai dari Rp10.000 dengan berbagai metode pembayaran.”

Berdasarkan data dari BukaReksa, jumlah investor reksa dana yang tercatat per Juli 2018 di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencapai lebih dari 800.000 investor dan sebanyak lebih dari 110.000 investor (data per Oktober 2018) telah mendaftar di BukaReksa.

“Rata-rata setiap bulannya kita bisa achieve pendaftaran itu sekitar 15.000 investor. Selain itu, kalau dari segi transaksi pembelian investasi mencapai angka 20.000 lebih yang ada di fitur bukareksa.”

"Untuk demografinya sendiri, dari segi umur pendaftar didominasi dengan generasi milenial yaitu dari umur 25 sampai 30 tahun. Selain itu, dari segi wilayah sendiri pendaftar atau investor lebih didominasi berasal dari pulau jawa," tambah Abdul.

Abdul Hafizh Asri, Investment Solution Manager Bukalapak menjelaskan terobosan yang telah hadir di BukaReksa

Hingga saat ini, BukaReksa telah banyak melakukan terobosan, salah satunya mempersingkat waktu Know Your Customer (KYC) calon investor yang kini hanya memerlukan waktu tiga jam untuk mendapat persetujuan sebagai investor.

Tidak hanya itu, berbagai kemudahan lain yang didapatkan oleh investor BukaReksa antara lain seperti proses transaksi pembelian atau pun penjualan reksa dana di BukaReksa yang sangat mudah, keuntungan (return) yang menarik, produk yang dapat dijual kapan saja, berbagai macam pilihan produk reksa dana, serta tidak ada biaya transaksi untuk penjualan dan pembelian produk reksa dana.

Bukalapak saat ini juga memiliki produk reksa dana pasar uang yang eksklusif hanya dijual di BukaReksa yaitu CIMB Principal BukaReksa Pasar Uang, dan Mandiri Syariah BukaReksa Pasar Uang yang tentunya cocok bagi para investor pemula dengan nominal transaksi yang sangat terjangkau, yaitu dimulai dari Rp10.000.

Investor BukaReksa dapat melakukan transaksi dengan menggunakan berbagai metode pembayaran seperti BukaDompet, Transfer, Transfer Virtual Account, instant payment (BCA KlikPay (KlikBCA Individu), Mandiri Clickpay, CIMB Clicks atau Rekening Ponsel), Indomaret, Alfamart, dan Pos Indonesia.