Find Us On Social Media :

Inilah 10 Tren ICT yang akan "Booming" Tahun Depan, dari 5G hingga AI

By Adam Rizal, Minggu, 14 Oktober 2018 | 17:00 WIB

Vivo V11 Pro menggunakan sensor sidik jari yang terletak di bawah permukaan layar. Fitur ini disebut

Bentar lagi, tahun 2018 akan segera berakhir. Perusahaan riset TrendForce memprediksi ada 10 hal yang akan menjadi tren di dunia teknologi informasi dan komunikasi pada 2019.

Berikut ulasannya berdasarkan hasil analisa TrendForce:

1. Evolusi Industri Memori

Dalam industri semikonduktor, migrasi ke setiap simpul proses baru menjadi jauh lebih sulit karena keterbatasan fisik. Industri ini telah menjelajahi kemajuan mengikuti Hukum Moore—yang menjelaskan mengenai tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor dan meningkatkan produktivitas produk .

Produsen telah menerapkan teknik through-silicon through (TSV) untuk chip stacking, dan meluncurkan High Bandwidth Memory (HBM) untuk meningkatkan jumlah muatan dalam satu paket, mengatasi batas bandwidth.

Dibandingkan dengan produk DRAM, solusi generasi berikutnya dapat masuk ke dalam arsitektur yang berbeda, misalnya, dalam sistem embedded, produk memori lebih dekat dengan CPU.

2. Komersialisasi 5G

Pembangunan infrastruktur komunikasi optik jaringan 5G, telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Para operator telekomunikasi juga telah memperluas arsitektur 5G secara bertahap dari jaringan backbone ke jaringan area metropolitan dan jaringan akses.

Komersialisasi 5G baru akan dimulai di Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok pada tahun depan. Apalagi, smartphone dan perangkat lain yang mendukung teknologi 5G akan tersedia pada tahun depan.

Permintaan layanan berbasis teknologi makin luas, termasuk video resolusi tinggi (4K/8K), games mobile AR/VR dan aplikasi multimedia imersif, otomatisasi industri, robot, Internet of Things, dan kontrol otomatis kendaraan, serta banyak lagi.

3. Smartphone Lipat

Tahun depan, banyak vendor-vendor smartphone yang akan menghadirkan lebih banyak model smartphone seperti desain layar penuh, batas yang lebih sempit, dan modul kamera depan yang lebih kecil.